Comscore Tracker
LUXURY

Daftar Sepuluh Kota Terkaya di Dunia, Di Mana Saja?

Terlihat dari pergerakan serta kebiasaan berbelanja.

Daftar Sepuluh Kota Terkaya di Dunia, Di Mana Saja?ilustrasi New York (unsplash.com/Luca Bravo)

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE – Perusahaan konsultan Henley and Partners meluncurkan daftar kota terkaya di dunia. Pengukuran mengenai wilayah dengan jumlah kekayaan tertinggi ini berdasar atas jumlah orang kaya yang tinggal di suatu kota.

Dalam laporan bertajuk "Henley Global Citizens Report", pemeringkatan tersebut dibuat dengan menganalisis kumpulan data yang merekam pergerakan serta kebiasaan berbelanja para individu berpenghasilan tinggi di lebih dari 150 kota di dunia.

Daftar tersebut disusun dengan premis bahwa kekayaan pribadi akan membantu kesehatan keuangan dan aktivitas perekonomian suatu kota.

Kota dan wilayah mana saja yang memiliki konsentrasi orang dengan kekayaan lebih dari US$1 juta? Hasilnya, dalam peringkat sepuluh besar kota terkaya, Amerika Serikat mampu mengeklaim lima kota di antaranya, termasuk posisi teratas New York.

Sementara, Asia menyumbang empat kota dalam lis sepuluh kota terkaya di dunia. Sisanya, dari wilayah Eropa, cuma London, ibu kota Inggris, yang masuk dalam peringkat teratas kota terkaya di dunia.

Berikut daftar 10 kota terkaya di dunia berdasarkan data per 2022, yakni New York, Tokyo, San Francisco, London, Singapura, Los Angeles, Chicago, Houston, Beijing, dan Shanghai, seperti dilansir dari laman Visual Capitalist dan Henley and Partners.

1. New York

New York adalah kota terkaya di dunia⁠. Wilayah ini menampung 345.600 orang kaya dengan total kekayaan pribadi melebihi $3 triliun.

Kota tersebut adalah jantung keuangan Amerika Serikat dan berisi banyak perusahaan Fortune 500, serta pasar modal terbesar seperti New York Stock Exchange dan NASDAQ.

Selain itu, pasar real estat kota ini terkenal mahal dengan nilai properti dan harga sewa tinggi.

2. Tokyo

Tokyo adalah pusat ekonomi Jepang, dan merupakan salah satu kota terpenting di dunia untuk bisnis dan keuangan. Di sana terdapat 304.900 orang kaya, dan menjadikannya kota dengan orang kaya terbanyak kedua di dunia.

Tokyo Stock Exchange merupakan salah satu bursa saham terbesar di Asia berdasarkan kapitalisasi pasar. Tokyo merupakan pusat utama perbankan dan asuransi, dan merupakan tempat bagi banyak perusahaan multinasional seperti Honda dan Sony.

3. San Francisco

San Francisco—dengan 276.400 orang kaya—dikenal sebagai kiblat inovasi teknologi, Kota tersebut juga memiliki pendapatan rumah tangga rata-rata tertinggi di Amerika Serikat.

4. London

London telah menjadi kota terkaya di dunia selama bertahun-tahun. Namun, dalam dekade terakhir, kota tersebut telah kehilangan banyak orang kaya.

Saat ini, jumlah orang kaya di ibu kota Inggris itu mencapai 272.400 orang,  London terkenal dengan sektor keuangan dan bisnisnya.

5. Singapura

Singapura memiliki 249.800 orang kaya dan menjadikannya kota terkaya kedua di Asia setelah Tokyo.

Singapura memiliki salah satu rumah tangga jutawan dengan kepadatan tertinggi di Asia, dengan lebih dari 5 persen rumah tangga memiliki setidaknya U$1 juta dalam aset keuangan bersih.

Itu kemungkinan terjadi karena pertumbuhan ekonomi negara kuat, dan lingkungan bisnisnya menguntungkan, selain juga faktor stabilitas politik, tingkat kejahatan yang rendah, dan standar hidup yang tinggi.

6. Los Angeles

Los Angeles merupakan wilayah yang memiliki 192.400 orang kaya. Mereka rata-rata tinggal di daerah mewah, seperti Malibu, Beverly Hills, Laguna Beach, Newport Beach, dan Santa Monica di dekatnya. Industri utama di kota ini meliputi hiburan, TI, ritel, dan transportasi.

7. Chicago

Chicago merekam keberadaan 160.100 orang kaya di wilayah yang perekonomiannya sangat beragam dengan berbagai sektor. Selain itu, Chicago menjadi markas utama bagi 35 perusahaan Fortune 500, seperti McDonalds dan Boeing.

8. Houston

Houston—memiliki 132.600 orang kaya—tergolong kota yang memiliki tingkat pertumbuhan kekayaan tercepat dalam 20 tahun terakhir secara global. Kota itu menonjol karena aeronautika, bahan dasar (minyak dan gas), bioteknologi, dan teknik.

9. Beijing

Ibu kota Cina ini memiliki 131.500 penduduk kaya. Beijing juga dipilih menjadi kota tempat banyak perusahaan terbesar Cina berkantor

10. Shanghai

Shanghai merupakan kota terbesar di Cina, dan dianggap sebagai ibu kota keuangan negara tersebut. Di kota ini terdapat 130.100 orang kaya. Shanghai Stock Exchange adalah pasar modal terbesar ketiga dunia berdasarkan kapitalisasi pasar setelah Dow Jones dan NASDAQ.

Related Articles