Comscore Tracker
LUXURY

Ketika Sutradara Steven Spielberg Menjual Kapal Pesiarnya US$158 Juta

Pasar superyacht booming seiring bertambahnya kekayaan.

Ketika Sutradara Steven Spielberg Menjual Kapal Pesiarnya US$158 JutaIlustrasi kapal pesiar. Shutterstock/DasBodrumCreative

by Luky Maulana Firmansyah

Jakarta, FORTUNE - Sutradara film kawakan sekaligus miliarder, Steven Spielberg, dikabarkan berhasil menjual kapal pesiar mewahnya senilai US$158 juta atau setara Rp2,29 triliun. Fenomena penjualan superyacht ini disebut sebagai tanda pasar tengah bergairah meski di tengah pandemi virus korona sekali pun.

Seperti dikutip dari Bloomberg, pada Senin (8/11), Spielberg dikabarkan telah menjual superyacht miliknya, yang bernama Seven Seas, kepada seorang pengusaha baja. Ini setelah Spielberg mendaftarkan kapalnya pada daftar penjualan awal tahun ini.

Menurut platform penyedia data Vessels Value, saat ini pemilik kapal pesiar baru tersebut merupakan perusahaan Zekelman Investments. Entitas perseroan itu terkait dengan miliarder baja Kanada, Barry Zekelman. Namun, baik Spielberg maupun Zekelman tidak menanggapi permintaan komentar dari Bloomberg.

Setelah berganti kepemilikan, seturut dengan nama kapal mewah tersebut. Barry Zekelman, yang juga pengoleksi kapal pesiar mewah, mengganti jenamanya menjadi “Man of Steel”.

Bahkan, menurut pemberitaan Mansion Global, “Man of Steel” baru-baru ini terlihat berlayar di dekat Antigua dan Barbuda. Sebelumnya, selama dipakai oleh Spielberg, kapal tersebut sering berlayar di laut Mediterania lepas pantai Prancis terutama sepanjang gelaran tahunan festival film Cannes.

Dari helipad hingga ruang bioskop

Tak mengherankan jika kapal tersebut bernilai triliunan rupiah. Fasilitasnya sangat mewah (dan lengkap). Bayangkan, Seven Seas, yang dibangun pada 2010 ini, memiliki panjang sekitar 86 meter. Ia dapat menampung sebanyak 20 tamu dan 28 awak kapal.

Seven Seas memiliki lambung (badan) kapal dengan bahan baja serta geladak dari kayu jati. Ia dapat melaju dengan kecepatan maksimum 36,04 km/jam.

Mungkin hal yang membuat kapal ini sangat mahal adalah adanya fasilitas helipad. Beberapa akomodasi lain yang juga terhitung mewah, seperti: bar, lift, ruang pijat, sauna, dan kolam renang. Karena profesi pemiliknya terdahulu sebagai Sutradara, tentu tidak mencengangkan kalau kapal tersebut juga memiliki bioskop.

Steven Spielberg sendiri, menurut laporan Forbes, memiliki kekayaan sebesar US$3,7 miliar atau setara Rp53,7 triliun. Karirnya melejit terutama akibat film “Jaws” dan Jurrasic Park. Ia juga pernah memenangi penghargaan sutradara terbaik di Academy Award.

Pasar masih bergairah

Menurut Bloomberg, kabar Spielberg yang berhasil menjual “propertinya” mencerminkan sebuah fenomena bahwa pasar kapal mewah saat ini memang sedang booming. Menurut mereka, ini seiring melonjaknya pasar saham yang pada gilirannya menyokong kekayaan para orang-orang terkaya di dunia.

Produsen kapal pesiar dunia saat ini bergegas untuk memenuhi permintaan dari pelanggan tetap maupun baru. Itu termasuk orang terkaya kedua di dunia, Jeff Bezos dari Amazon.com Inc.

Jeff Bezos dikabarkan meminta Oceanco, produsen kapal, untuk membangun superyacht sepanjang 127 meter. Biaya pembuatan kapal tersebut diperkirakan mencapai lebih dari US$500 juta atau sekitar Rp7,3 triliun.

Menurut Merijn de Waard, pendiri dan direktur Superyacht Times, industri kapal pesiar tidak melambat meski di tengah pandemi. Lebih dari 550 yacht baru maupun bekas dengan panjanga lebih dati 30 meter telah terjual sepanjang tahun ini. Itu meningkat 50 persen dari tahun sebelumnya.

Related Articles