NEWS

5 Tips Bisa Bekerja Optimal di Masa Liburan

Fleksibilitas dan penerimaan untuk bekerja adalah kunci.

5 Tips Bisa Bekerja Optimal di Masa LiburanIlustrasi Work form Everywhere. (Shutterstock/PhotoSunnyDay)
22 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNELiburan akhir tahun sudah di depan mata, namun bagi sebagian pekerja, momentum ini justru akan mendatangkan kesibukan akibat pergantian jadwal kerja ataupun bagi Anda yag harus menyelesaikan report tahunan. 

Walaupun ada opsi untuk Bekerja dari rumah atau dari mana saja, bahkan bisa disambi dengan aktivitas liburan, namun beban pekerjaan bisa terasa lebih ringan bila Anda mengetahui cara untuk menyiasatinya. Pekerjaan selama liburan bukanlah sebuah beban lagi, bahkan lebih mudah untuk dilakukan.

Jobstreet menuliskan sejumlah tips yang bisa Anda lakukan, ketika mendapata pekerjaan di masa liburan. Meski tidak menghilangkan fakta bahwa Anda harus tetap bekerja, namun tips ini diharapkan bisa meringankan beban Anda, dan liburan bisa tetap Anda jalani dengan bahagia. Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa tips tersebut.

1. Perjelas prioritas pekerjaan Anda

Pada saat menerima penugasan atau pekerjaan selama musim liburan, Anda bisa menanyakan pada atasan pekerjaan apa yang harus diprioritaskan sehingga membuat waktu pengerjaan Anda lebih cepat dan efisien. 

Anda pun punya kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan sebanyak mungkin pekerjaan lebih awal. Bila memungkinkan, buatlah kesepakatan dengan atasan Anda untuk mengondisikan jam kerja Anda pada hari-hari tertentum sehingga Anda tidak perlu bekerja seharian atau bergantian.

2. Tawarkan alternatif

Tanyakan kepada atasan Anda apakah bisa membagi shift dengan rekan lain atau bekerja dari rumah untuk membuatnya lebih mudah. Anda juga bisa mencapai kesepakatan dengan atasan, sehingga Anda tidak perlu bekerja selama liburan besar berikutnya, dan bahkan bernegosiasi untuk mengganti hari libur bertepatan dengan periode liburan besar berikutnya. Itulah keadilan dalam pekerjaan.

Related Topics