NEWS

Airlangga Sebut RI Bisa Jadi Tujuan Investasi Properti Terbaik

Didukung pemerintah dan pertumbuhan baik di sektor properti.

Airlangga Sebut RI Bisa Jadi Tujuan Investasi Properti TerbaikMenko Ekon, Airlangga Hartarto. (dok. ekon.go.id)
20 September 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan Indonesia saat ini sudah menjadi tujuan investasi properti terbaik di dunia. Dengan jumlah penduduk yang besar, Indonesia menjadi pasar properti yang menarik bagi investor. 

“Dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia yakni sekitar 273 juta jiwa, dan bonus demografi yang akan terjadi sampai beberapa tahun ke depan, permintaan properti di Indonesia khususnya untuk smart and green city, akan semakin meningkat pula,” kata Menko Airlangga, seperti dikutip dari laman resmi ekon.go.id, Rabu (20/9).

Menurutnya, sektor properti Indonesia, saat ini sudah mulai menerapkan pembangunan berkelanjutan melalui konsep kota ramah lingkungan. Hal ini dipandang penting untuk menjaga keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi bersamaan dengan perlindungan lingkungan.

Dukungan pemerintah

Ilustrasi : ibu kota negara di Kalimantan Timur
Instagram/ Nyoman Nuarta

Airlangga mengatakan, pemerintah pun sangat mendukung ekosistem industri properti berkelanjutan melalui sejumlah upaya, seperti pengesahan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang bertujuan memperbaiki iklim investasi di Indonesia. Menurutnya, hal ini dapat memberi dampak signifikan terhadap sekitar 174 industri pendukung properti, mulai dari konstruksi, tenaga kerja, hingga bahan bangunan.

“Guna mendorong peningkatan permintaan dan investasi di sektor properti, Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan seperti Loan to Value 100 persen dan Financing to Value untuk kredit properti yang berlaku hingga 31 Desember 2023,” kata Airlangga.

Selain itu, konsep pembangunan hijau telah ditunjukkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Struktur Bangunan Gedung yang memuat ketentuan penerbitan sertifikat bangunan ramah lingkungan.

Proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang mengusung konsep kota hijau, menurutnya menjadi proyek unggulan pemerintah. Untuk mencapai efisiensi dan konservasi energi, penggabungan desain bangunan ramah lingkungan, yang memanfaatkan sistem pengelolaan air melingkar dan pendingin distrik, juga akan dilakukan.

Kinerja sektor properti

Properti Pakuwon di Surabaya
Properti Pakuwon di Surabaya. Shutterstock/Akhmad Dody Firmansyah

Related Topics