Comscore Tracker
NEWS

Bertemu PM Australia, Jokowi Bahas Sejumlah Agenda Kerja Sama

Isu ekspor, ketahanan pangan, kesehatan dan energi dibahas.

Bertemu PM Australia, Jokowi Bahas Sejumlah Agenda Kerja SamaPertemuan Presiden RI, Joko Widodo, bersama Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese di Istana Bogor, Senin (6/6). (dok. Setkab)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

06 June 2022

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Australia terpilih, Anthony Albanese. Keduanya membahas sejumlah agenda penting terkait penguatan kerja sama bilateral.

Hal ini merupakan kunjungan luar negeri pertama PM Albanese setelah dilantik beberapa minggu lalu.

“Indonesia dan Australia telah memiliki dua fondasi kuat dalam hubungan bilateral, yaitu kemitraan strategis komprehensif yang dimiliki sejak 2018 dan Indonesia-Australia CEPA (IA-CEPA) yang sudah mulai berlaku di tahun 2020. Dua fondasi ini sangat penting bagi kedua negara untuk terus memperkokoh kerja sama bilateral yang saling menguntungkan,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers usai pertemuan dengan PM Albanese di Istana Bogor, Senin (6/6).

Pembicaraan kerja sama bilateral Indonesia - Australia, memiliki beberapa fokus utama, salah satunya yang berkaitan dengan sektor ekonomi. Berikut ini adalah lima kerja sama yang dibicarakan oleh kedua pemimpin negara. 

Kerja sama perluasan ekspor

Presiden Joko Widodo membuka pintu mobil saat meninjau pelepasan ekspor mobil ke sejumlah negara, di Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (8/3/2022). ANTARA FOTO/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/tom.Presiden Joko Widodo membuka pintu mobil saat meninjau pelepasan ekspor mobil ke sejumlah negara, di Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (8/3/2022). ANTARA FOTO/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/tom.

Jokowi mengatakan bahwa Indonesia mendorong terwujudnya perluasan akses ekspor produk Indonesia dengan nilai tambah tinggi ke Australia. Salah satunya, yakni sektor otomotif.

“Ekspor perdana mobil CBU (completely built up) buatan Indonesia ke Australia telah dimulai di bulan Februari yang lalu dan saya mengharapkan akses ekspor seperti ini akan terus terbuka,” kata Jokowi. 

Kerja sama dalam IA-CEPA

Orang-orang di sekitar Opera house dan Harbour bridge di Sydney melakukan banyak kegiatan di luar ruangan seperti berjalan dan jogging selama karantina wilayah. Shutterstock/ juancsanchezherreraOrang-orang di sekitar Opera house dan Harbour bridge di Sydney melakukan banyak kegiatan di luar ruangan seperti berjalan dan jogging selama karantina wilayah. Shutterstock/ juancsanchezherrera