NEWS

Cara Memastikan Kelayakan Ban Kendaraan Sebelum Mudik Lebaran 2024

Ban adalah bagian kendaraan yang krusial untuk dicek.

Cara Memastikan Kelayakan Ban Kendaraan Sebelum Mudik Lebaran 2024Ilustrasi ban kendaraan. (Pixabay/tookapic)
05 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEBan merupakan komponen krusial, khususnya jika bagi Anda yang ingin berpegian menggunakan mobil atau motor jarak jauh seperti saat Mudik Lebaran 2024. Demi kenyamanan dan keamanan berkendara, lakukan pengecekan secara menyeluruh pada kendaraan Anda, termasuk bagian ban.

Kementerian perhubungan (Kemenhub), memperkirakan akan ada 35,42 juta orang dari total 193,6 juta orang yang akan mudik ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi ke kampung halaman. Sementara, pemudik yang menggunakan sepeda motor diperkirakan mencapai 31,12 juta orang.

Menurut, Deputy Head Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano, ban adalah satu-satunya bagian kendaraan yang menyentuh permukaan jalan, sehingga kontrol utama berkendara ada pada bagian ini. “Pemeriksaan sebelum melakukan perjalanan panjang sangat diperlukan untuk memastikan ban tersebut dalam kondisi prima,” ujarnya dalam rilis yang diterima Fortune Indonesia, Jumat (5/4).

Bridgestone pun membagikan sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk memastikan ban bisa beroperasi dengan baik saat digunakan berkendara jarak jauh. 

Periksa tekanan angin ban

Petunjuk tekanan ban ideal yang dianjurkan bagi kendaraan Anda.
Petunjuk tekanan angin ban ideal yang dianjurkan bagi kendaraan Anda. (dok. Bridgestone)

Hal ii wajib dilakulam terlebih jika Anda menggunakan kendaraan tersebut secara rutin. Mengemudi dengan tekanan angin yang tidak tepat pada ban, baik terlalu tinggi maupun terlalu rendah akan membahayakan, dan dapat mempengaruhi pengendalian (handling) serta daya cengkram (grip) kendaraan.

Selain itu, ban dengan tekanan yang tidak sesuai juga dapat mengurangi kenyamanan berkendara, membuat akselerasi terasa lebih lambat, mengurangi efisiensi bahan bakar, serta mempercepat kerusakan pada ban akibat keausan yang tidak merata.

Waktu terbaik untuk memeriksa tekanan ban adalah ketika ban dalam keadaan dingin, dan idealnya tercapai saat kendaraan berada dalam kondisi berhenti selama kurang lebih tiga jam.

Tekanan yang berada pada sumbu yang sejajar harus sama, sementara tekanan pada ban depan dan belakang bisa saja berbeda. Informasi tekanan ban ideal dapat Anda lihat pada lis pintu bagian pengemudi atau pada buku manual pemilik.

Periksa kondisi fisik ban

Bagian tapak ban.
Bagian tapak ban. (Pixabay/ Rupert Kittinger-Sereinig)

Related Topics