NEWS

Dishub DKI Jakarta Terapkan Teknologi AI Untuk Atasi Kemacetan

Dishub DKI Jakarta bekerja sama dengan Google.

Dishub DKI Jakarta Terapkan Teknologi AI Untuk Atasi KemacetanKemacetan di DKI Jakarta. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
19 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mengatasi kemacetan lalu lintas. Hal ini guna mengantisipasi pergerakan kendaraan yang semakin masif.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan teknologi ini akan difokuskan untuk mengatur lalu lintas di sejumlah persimpangan. “Kami lakukan geometrik simpang dan rambu lalu lintas, dan yang paling baru kami implementasikan Intelligent Transport System di tahun ini,” ujarnya dikutip dari Antaranews, Sabtu (17/6).

Dalam penerapannya, Dishub DKI Jakarta, akan bekerja sama dengan perusahaan teknologi Google. Berdasarkan pemantauan dan basis data Google, Dishub akan melakukan pengaturan waktu di lampu lalu lintas sesuai dengan kondisi riil di setiap persimpangan.

Untuk uji coba, Dishub DKI mengatakan sudah menerapkan teknologi ini di Simpang Buaran, Jakarta Timur. “Kami harapkan bisa memberikan efek positif dari sisi pengaturan traffic light di beberapa simpang,” ujar Syafrin.

Akses bertambah

AI adalah akronim dari Artificial Intelligence
ilustrasi developer AI (unsplash.com/Hitesh Choudhary)

Menurut Syafrin, saat ini kondisi jalan di DKI Jakarta memang semakin macet, terlebih karena penambahan kendaraan yang datang dari kota-kota penyangga di luar DKI semakin masif, seiring terbukanya akses jalan juga makin banyak.

Syafrin mengatakan, jalan-jalan penyangga Ibu Kota saat inimulai digunakan oleh masyarakat. “Contohnya, jalan tol itu Depok-Antasari sudah sampai Sawangan, yang dari Bekasi-Becak Kayu sekarang turun ke Kampung Melayu, dan yang dari arah utara, nanti akan ada Cibitung turun di Cilincing," ujar Syafrin, dikutip dari pemberitaan IDNTimes (16/6).

Pengaturan jam kerja

Pekerja Kantoran Saat Jam Makan Siang di Canary Wharf, London. Shutterstock/Viiviien
Pekerja Kantoran Saat Jam Makan Siang di Canary Wharf, London. Shutterstock/Viiviien

Related Topics