NEWS

GABF Tech Forum 2023 Hasilkan Poin Penting dan Pernyataan Bersama

Peran sektor bisnis penting untuk atasi perbudakan modern.

GABF Tech Forum 2023 Hasilkan Poin Penting dan Pernyataan BersamaPeserta GABF Tech Forum 2023. (IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo)
11 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – The Bali Process Government and Business Forum (GABF) Tech Forum 2023 yang digelar Kamis (10/8), menghasilkan pernyataan bersama yang dituangkan dalam dokumen bertajuk ‘Bali Call For Action to Fight Against Trafficking in Persons and Related Crimes’.

Peserta GABF Tech Forum 2023 yang terdiri dari kalangan pengusaha, pemerintah, aktivis hak asasi manusia (HAM), hingga media massa, menegaskan kembali komitmennya dalam memerangi perdagangan manusia dan kejahatan turunan lainnya. Forum ini merupakan tindak lanjut dari GABF ketiga di Adelaide pada (10/2).

“Kami mempertimbangkan peran teknologi sebagai pendorong dan solusi potensial untuk masalah perdagangan manusia. Manusia, kerja paksa, perbudakan modern, dan bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak di wilayah Bali Process, serta mencari cara untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan pelaku usaha,” bunyi salah satu poin dalam pernyataan tersebut.

Penyalahgunaan teknologi dipandang sebagai salah satu penyebab meningkatnya perdagangan orang, kerja paksa, dan eksploitasi lainnya, yang membahayakan nyawa manusia, keamanan, dan stabilitas sosial, serta menghambat kemajuan menuju kesejahteraan, pertumbuhan, dan pembangunan berkelanjutan.

Pernyataan ini pun menyoroti bagaimana penawaran yang kerap ditawarkan secara online telah banyak menipu masyarakat dan menimbulkan banyak korban. “Berdampak negatif terhadap pemenuhan prinsip inklusivitas, keadilan, transparansi rantai pasokan (bisnis), yang pada gilirannya mengikis komitmen dan upaya produktivitas serta daya saing di semua sektor ekonomi,” tulis para peserta dalam pernyataan tersebut.

Peran sektor bisnis

Salah satu sesi diskusi di GABF Tech Forum 2023.
Salah satu sesi diskusi di GABF Tech Forum 2023. (IDN Media/Herka Yanis Pangaribowo)

Oleh sebab itu, sektor bisnis di kawasan Asia-Pasifik–mencakup rantai proses bisnis–berperan penting dalam pencegahan, pemberantasan, dan disrupsi perdagangan manusia, kerja paksa, serta bentuk perbudakan modern lainnya. Hal ini dilakukan dengan berbagai upaya, seperti peningkatan kesadaran kolektif; standar yang jelas dan konsisten untuk perekrutan dan perlakuan etis terhadap pekerja; transparansi rantai pasokan; maupun mekanisme ganti rugi.

GABF menekankan peran pemerintah dan dunia usaha dapat terus menerapkan rekomendasi Acknowledge, Act, Advance (AAA) yang diadopsi sejak 2018. “Rekomendasi ini ditetapkan untuk memberantas kejahatan transnasional ini dan untuk memperkuat transparansi rantai pasokan, perekrutan yang etis, serta perlindungan dan ganti rugi pekerja,” tulis GABF.

Upaya intensif

Para keynotes speaker di GABF Tech Forum 2023.
Para keynotes speaker di GABF Tech Forum 2023. (IDN Media/Herka Yanis)

Related Topics