NEWS

Injourney: Persiapan Infrastruktur Ajang Balap F1H2O Capai 95%

F1H2O Danau Toba bisa dukung pemulihan pariwisata nasional.

Injourney: Persiapan Infrastruktur Ajang Balap F1H2O Capai 95%F1H2O. (h2oracing.net)
15 February 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Holding BUMN Pariwisata, Injourney mengungkapkan ajang balap motor supercepat F1H2O Powerboat siap diadakan di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023. Progres pembangunan infrastruktur untuk perhelatan tersebut hingga kini telah mencapai 95 persen.

Lokasi utama F1H2O akan berada di Pelabuhan Napitupulu dan lapangan Sisingamangaraja, Balige. Pengerjaan infrastruktur pun saat ini sudah mencapai tahap akhir dry paddock dan wet paddock.

Pemerintah pun terus mengejar pembangunan sejumlah pelabuhan, Bandara Silangit, dan jalan tol yang menghubungkan Bandara Kualanamu Medan dengan Pematangsiantar sampai ke area Danau Toba.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata Injourney, Maya Watono, mengatakan aspek keselamatan akan menjadi prioritas dalam persiapan infrastruktur F1H2O. “Kita (juga) telah memperhitungkan pergerakan cuaca pada 25-26 Februari nanti dan balapan akan tetap berlangsung sesuai jadwal yaitu jam tiga sore,” ujarnya dalam konferensi pers, Selasa (14/2).

Lokasi evakuasi medis di Pelabuhan Napitupulu menurutnya telah disiapkan, lengkap dengan medical center dan chief medical officer dengan jarak yang dekat dengan lokasi acara guna memudahkan penanganan bila terjadi insiden.

Pemulihan pariwisata

Maya Watono, Direktur Pemasaran InJourney. Dok/Fortune Indonesia,
Maya Watono, Direktur Pemasaran InJourney. Dok/Fortune Indonesia,

Gelaran F1H2O diharapkan bisa menjadi kesempatan memulihkan pariwisata Danau Toba usai pandemi Covid-19. “Pertandingan ini memang salah satu katalis atau langkah yang sangat baik untuk meningkatkan pariwisata di sebuah destinasi,” katanya.

Selain itu hadirnya event F1H2O juga sejalan dengan upaya pengembangan lima Destinasi Super Prioritas (DSP), yang salah satunya adalah Danau Toba. “Objektif kami memang adalah untuk mengangkat destinasi Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, ajang serupa juga berhasil digelar yakni MotoGP dan World Superbike di Sirkuit Mandalika, Lombok. Kegiatan besar berskala internasional mampu mengangkat exposure sebuah destinasi dan akhirnya mendongkrak sektor pariwisata di daerah tersebut.

Penjualan tiket

Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba.
Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba. (Commons.wikimedia)

Related Topics