NEWS

Jelang Idul Adha, Kementan Pastikan Stok Daging Sapi Aman dari PMK

Pembatasan lalu lintas ternak juga dilakukan secara ketat,.

Jelang Idul Adha, Kementan Pastikan Stok Daging Sapi Aman dari PMKMenteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. (dok. kementan)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok dan pasokam daging sapi di Tanah Air menjelang Idul Adha aman dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan.

Mengutip Antara, Senin (7/6), Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan ketersediaan daging sapi sebanyak 42.268 ton telah mencukupi konsumsi dalam negeri. “Kita tidak perlu khawatir karena pasokan dari daerah yang masuk zona hijau, yakni daerah yang tidak kasus PMK sangat cukup untuk kebutuhan kita, khususnya untuk Idul Adha,” ucapnya.

Pihaknya terus menjaga kelancaran proses distribusi sapi, sehingga pasokan dan permintaan berjalan lancar. “Kami tidak menganggap enteng kasus PMK yang ada, tetapi dalam menangani hal ini, kami perlu kerja sama dengan semua pihak,” katanya.

Kerja sama pengendalian wabah

Petugas Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang memeriksa kesehatan sapi di salah satu lokasi peternakan di Periuk, Kota Tangerang, Banten, Jumat (13/5/2022). ANTARA FOTO/Fauzan/pras.

Untuk mencegah penyebaran wabah PMK di setiap daerah, menurutnya perlu upaya kerja sama sejumlah pihak, meski tingkat kesembuhan ternak menunjukkan tren positif. Kementan bersama pemerintah daerah terus melakukan penanganan dan pengendalian wabah PMK pada ternak sapi.

Mentan mengatakan, pembatasan lalu lintas ternak juga dilakukan secara ketat, agar penyebaran PMK tetap terkendali. “PMK saat ini ada dan tidak membahayakan manusia. Kami juga sudah meminta fatwa MUI dan sudah keluar,” ucapnya.

Posko crisis center

Dokter hewan memeriksa kesehatan hewan sapi di tempat peternakan, Desa Besito, Gebog, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (12/5/2022). ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.