NEWS

Kasus Covid-19 Naik, Masker Harus Kembali Dipakai di Luar Ruangan

Kenaikan kasus aktif Indonesia termasuk yang signifikan.

Kasus Covid-19 Naik, Masker Harus Kembali Dipakai di Luar RuanganWapres Ma’ruf Amin/Dok. KIP Setwapres (DELETED)
01 July 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kasus Covid-19 kembali meningkat. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengimbau masyarakat tetap menggunakan masker saat berasa di ruang terbuka.

Pada (17/6), Presiden Jokowi sempat menyampaikan pelonggaran kebijakan pemakaian masker di area terbuka. Kebijakan tersebut saat itu diberlakukan karena pandemi mulai terkendali.

“Protokol kesehatan tetap kita ketatkan, masker terutama ya, (saat) ada kenaikan terpaksa masker harus dipakai lagi. Jadi, kelonggaran itu kita tarik dulu, sampai nanti situasinya memungkinkan, baru kita buka lagi,” ujar Ma’ruf dalam kunjungan ke Mataran, NTB, Jumat (1/7).

Meski begitu, Wapres berharap agar tidak ada kenaikan level pembatasan kegiatan di masyarakat. Hal ini, menurutnya, dapat mengurangi mobilitas masyarakat yang juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang sedang dalam proses pemulihan.

Kenaikan kasus positif di Indonesia paling signifikan secara global

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito.
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Tangkapan layar)

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menyampaikan, berdasarkan data Global per 28 Juni, kenaikan kasus positif mingguan di Indonesia menjadi yang paling signifikan, mencapai 620 persen dalam 28 hari. “Artinya, kita perlu kembali waspada, dan ini membuktikan bahwa Covid-19 masih ada,” ujarnya dalam keterangan pers, Jumat (1/7).

Wiku juga menyampaikan bahwa dalam dua hari terakhir, kenaikan harian selalu berada di atas angka 2000 kasus positif. Kondisi ini diperhatikan dan angka kenaikan kasus harus segera ditekan. Apalagi, bila akumulasikan dalam satu bulan ada kenaikan lebih dari 23.000 kasus positif. “Menandakan bahwa tingkat penularan di tengah masyarakat semakin meluas,” katanya.

Waspada masuk masa liburan

Orang-orang memakai masker wajah di bawah tanah London saat penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) berlanjut di London, Inggris, Selasa (30/11/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay/HP/sa.
Orang-orang memakai masker wajah di bawah tanah London saat penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) berlanjut di London, Inggris, Selasa (30/11/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay/HP/sa.

Related Topics