NEWS

Pemerintah Siap Terapkan MLFF di Jalan Tol Awal Tahun Depan

Simulasi MLFF sudah dimulai di Tol Bali-Mandara.

Pemerintah Siap Terapkan MLFF di Jalan Tol Awal Tahun Depanilustrasi jalan tol (pexels.com/Mizzu Cho)
30 November 2023

Fortune Recap

  • Pemerintah akan menghapus sistem transaksi e-toll di jalan tol dan menggantinya dengan MLFF mulai 2024.
  • MLFF menggunakan teknologi GNSS untuk transaksi melalui aplikasi di ponsel pintar yang dibaca satelit.
  • Uji coba transisi tahap awal dilakukan di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai, dan akan diterapkan pada seluruh lajur GT pada Maret 2024.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pemerintah akan segera menghapus penggunaan sistem transaksi pembayaran kartu e-toll di Jalan Tol dan menggantikannya dengan sistem transaksi non-tunai nirsentuh, atau Multi Lane Free Flow (MLFF), mulai awal 2024 secara bertahap.

Menteri Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan pembayaran MLFF akan membuat mobil tak perlu berhenti di pintu tol untuk melakukan tapping kartu. “Tantangannya, bagaimana implementasinya pada masyarakat. Saya optimis proses ini akan berjalan lancar,” ujarnya seperti dikutip dalam keterangan resmi, Kamis (30/11).

Menurutnya, simulasi penerapan MLFF sudah dimulai di Jalan Tol Bali-Mandara. Uji coba ini dilakukan sebagai bagian dari proses transisi, layaknya ketika dulu sistem cash beralih ke sistem tapping kartu e-toll. Hal ini diyakini akan bermanfaat bagi masyarakat, dalam mengubah kebiasaan.

Related Topics