NEWS

Tips Aman Berkendara Jarak Jauh Saat Liburan

Pastikan Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Tips Aman Berkendara Jarak Jauh Saat LiburanIlustrasi liburan dengan road trip. (Pixabay/ErikaWittlieb)
20 December 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNELiburan akhir tahun sudah di depan mata, masyarakat pun mulai menyiapkan berbagai kebutuhan untuk berlibur. Bagi Anda yang akan menempuh perjalanan jauh dengan kendaraan, lakukan sejumlah persiapan agar Berkendara dengan aman dan nyaman, salah satunya dengan memperhatikan kesiapan ban.

Menurut perusahaan ban global, Michelin, memilih jenis ban yang tepat untuk performa di medan basah menjadi faktor penting dalam keselamatan berkendara. Namun, persiapan harus dilakukan lebih dari sekadar memilih ban saja, apalagi bulan akhir tahun biasanya musim hujan dan butuh perhatian lebih terperinci.

Bagi Anda yang merencanakan perjalanan darat jarak jauh, lakukan pemeriksaan kendaran dengan cermat sebelum berangkat. Berkendara jarak jauh di musim hujan, memerlukan persiapan khusus karena kondisi jalan menjadi licin, timbul genangan air, dan membuat jarak pandang pengendara terbatas.

Berikut ini, Fortune Indonesia akan mengulas beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum mengawali road trip.

1. Memilih ban yang tepat

Jalan basah mengurangi daya cengkeram ban dan memperpanjang jarak pengereman. Untuk itu, pilihlah jenis ban dengan daya cengkerem optimal di medan basah dan dilengkapi fitur pengereman pendek.

Anda juga dapat memilih ban yang didesain untuk pemakaian harian dengan performa yang tangguh, nyaman, senyap dan memiliki performa pengereman yang lebih baik di jalan kering ataupun basah.

Ban ultra-high-performance on-road yang mengoptimalkan performa kendaraan di aspal basah maupun kering dengan sensasi kendali optimal saat akselerasi, tikungan tajam, dan pengereman keras, bisa menjadi pilihan Anda untuk perjalanan jauh akhir tahun ini.

2. Periksa tingkat keausan ban

Dalam pemakaian ban, pastikan ban kendaraan Anda selalu dalam kondisi baik (tidak aus) ketika Anda berkendara untuk perjalanan jauh. Sebaiknya, pengecekan oleh profesional atau montir yang sudah memahami seluk beluk mobil Anda. Jika anda ingin melakukan penggantian 2 ban saja, pastikan ban tersebut dipasang di bagian belakang, untuk mengurangi resiko terjadinya hydroplaning.

Related Topics