NEWS

Daftar Ruas Tol Gratis Saat Lebaran 2024, Pemudik Wajib Tahu!

Berikut jalan tol fungsional yang bisa dipakai pemudik

Daftar Ruas Tol Gratis Saat Lebaran 2024, Pemudik Wajib Tahu!Ilustrasi jalan tol Solo-Ngawi/Dok. jasamargasolongawi.co.id
27 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Menjelang Idulfitri, sebagian besar masyarakat akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Banyak dari para pemudik juga mengandalkan transportasi darat sebagai pilihan kendaraannya. 

Lewat survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) beberapa waktu yang lalu, ada sebanyak 37,51 juta pemudik menggunakan bus. Kemudian diikuti pengendara mobil pribadi sebanyak 35,42 juta. 

Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik, pihak Jasa Marga akan mengoperasikan beberapa jalan tol fungsional tambahan selama arus mudik dan balik.

Selain mengurangi kepadatan, ruas tol tersebut tidak dikenai tarif atau gratis bagi pemudik yang melintasinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar ruas Tol Gratis saat Lebaran 2024 di bawah ini.

1. Tol Jakarta Cikampek II Selatan

Dalam rangka menjelang mudik Lebaran 2024, pihak Jasa Marga menyiapkan beberapa ruas jalan tol fungsional yang bisa dilintasi pemudik.

Salah satunya Tol Jakarta Cikampek II Selatan. Jalur yang dibuka sepanjang 8,5 kilometer melihat situasi nanti dengan bantuan pihak kepolisian. 

Adanya ruas jalan tol ini dipakai untuk mengurangi kepadatan Tol Jakarta Cikampek yang kerap dipadati pengendara.

Hal ini tentu sangat membantu pengendara yang ingin menghindari arus kemacetan yang kerap terjadi menjelang momen Lebaran.

Ruas jalan tol tersebut akan dijalankan secara fungsional satu arah dari Bandung, Purwakarta, Sadang, dan Kutanegara.

Maka dari itu, jalur ini bisa Anda pakai sebagai alternatif lalu lintas arus balik dari Bandung dan sekitarnya ke wilayah Jabodetabek.

2. Tol Solo Yogyakarta NYIA Kulonprogo

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub), ada sebanyak 61,6 juta pemudik yang akan melakukan perjalanan di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Tidak heran, sejumlah upaya dilakukan untuk memperlancar arus mudik. 

Untuk menyambut para pemudik, pihak Jasa Marga telah menyiapkan alternatif jalur fungsional dan akses jalan tol di momen Lebaran 2024 ini. Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo. 

Di tahun 2023, tol ini sudah beroperasi untuk mendukung arus mudik sepanjang 13 kilometer dari Kartasura ke Karanganom. Karena antusias masyarakat di tahun 2024 meningkat, terdapat penambahan ruas jalur dari arah Colomadu sampai Ngawen sepanjang 22,3 kilometer.  

Perlu diingat, jalur ini akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom sampai Boyolali lalu ke Jalan Nasional Yogyakarta hingga Solo.

Untuk waktu pengoperasianya, ruas jalan tol ini akan dibuka dari jam 06.00 sampai 17.00 pada tanggal 5-11 April 2024. Selain itu, mulai dari 12-15 April akan difungsikan untuk arus balik khusus kendaraan golongan 1 saja.

Related Topics