NEWS

5 Konser Terlaris Sepanjang Masa, Siapa Juaranya?

Meraup keuntungan yang luar biasa

5 Konser Terlaris Sepanjang Masa, Siapa Juaranya?Ilustrasi konser (Pexels/Wendy Wei)
13 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Menonton Konser menjadi salah satu aktivitas yang cukup banyak diminati. Selain bisa menikmati musik bersama dengan penonton lain, para penggemar bisa bertemu langsung dengan idola atau penyanyi favoritnya. Karena antusias penonton yang besar, tidak jarang rangkaian tour digelar di beberapa kota di dunia selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Terlebih bagi musisi internasional, mereka bisa mengadakan berbagai konser dan menyapa penggemarnya di seluruh dunia. Dengan kata lain, para musisi dunia itu pasti cukup banyak menghasilkan keuntungan dari konser yang diadakannya. 

Kira-kira, siapa yang meraih posisi sebagai konser terlaris sepanjang masa? Berikut daftar konser yang menempati posisi teratas.

1. The Eras Tour

Jika berbicara tentang konser terlaris sepanjang masa, The Eras Tour mencatatkan namanya di posisi paling atas. Dengan total 60 pertunjukan di tahun 2023. The Eras Tour berhasil menggeser posisi U2, Beyoncé, dan The Rolling Stones. 

Kesuksesan konser ini juga tak lepas dari kepopuleran Taylor Swift yang sudah berada di industri musik selama kurang lebih 18 tahun. Lagu-lagunya juga laris dan hit di pasaran, seperti "Blank Space", "Love Story", "Cruel Summer", dan masih banyak lagi.

Dilansir dari laman Forbes, total penjualan tiket The Eras Tour sukses meraup rata-rata pendapatan kotor dari penjualan lebih dari 4 juta tiketnya sekitar 17,3 juta dolar AS.

Bahkan, The Eras Tour diperkirakan mendapatkan total keuntungan sekitar 1 miliar dolar AS di tahun 2023. Angka tersebut bukan tak mungkin lagi karena mengingat konser Taylor Swift selalu dipenuhi penggemar loyalnya di seluruh dunia. Menariknya, angka tersebut akan kembali naik karena Taylor Swift akan mengadakan tur lanjutan di akhir tahun 2024 ini.

2. 360 Tour

Menyusul The Eras Tour, U2 360° Tour menjadi konser paling laris nomor dua. Rangkaian tour ini digelar oleh kelompok musik asal Irlandia, U2. Grup band satu ini kerap menduduki posisi lagu rock teratas di tangga lagu dunia lewat lagu-lagu hitsnya, seperti "With or Without You".

Sesuai dengan nama konsernya, U2 360° Tour ini bisa dinikmati secara 360 derajat sehingga U2 bisa berinteraksi dengan penggermarnya dari segala sudut. Uniknya, panggung konser ini dirancang begitu megah yang menambah kesan tersendiri bagi para penonton konsernya. 

Dimulai tahun 2009 hingga 2011, U2 berhasil menggelar 110 pertunjukkan di seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan tur lainnya, U2 menempati posisi teratas dari segi jumlah pertunjukannya. Dengan total pertunjukan tersebut, U2 360° Tour berhasil mengumpulkan penghasilan sekitar 736 juta dolar AS.

Related Topics