NEWS

Daftar Paspor Terkuat di ASEAN, Indonesia Peringkat Berapa?

Makin kuat, makin mudah bepergian ke luar negeri

Daftar Paspor Terkuat di ASEAN, Indonesia Peringkat Berapa?Ilustrasi paspor (freepik/@rawpixel.com)
06 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Untuk bisa berpergian ke luar negeri, Paspor menjadi dokumen penting yang harus dibawa. Paspor berguna sebagai tanda pengenal yang umum dipakai untuk memvalidasi kewarganegaraan seseorang. Dengan paspor, Anda juga baru bisa mengajukan izin mengunjungi negara tujuan atau visa.

Namun, tidak semua paspor memiliki kekuatan yang sama untuk bisa melakukan perjalanan lintas negara dengan bebas. Perbedaan tersebut merujuk pada jumlah akses bebas visa dengan paspor yang dimiliki.

Di antara negara Asia Tenggara sendiri, kekuatan paspor setiap negara berbeda-beda. Berikut peringkat paspor terkuat di ASEAN awal tahun 2024.

1. Singapura

Jika berbicara tentang paspor terkuat di ASEAN, Singapura menempati peringkat pertama dari negara lainnya. Dilansir dari henleyglobal.com, pemegang paspor Singapura memiliki akses bebas visa dari 194 negara yang ada di dunia.

Bahkan, Singapura juga termasuk ke dalam peringkat atas dalam skala global. Dengan begitu, negara yang mendapatkan julukan Negeri Singa ini meraih peringkat teratas, bersanding dengan Perancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Spanyol.

2. Malaysia

Peringkat kedua ditempati oleh pemilik paspor Malaysia. Mengamankan tempat kedua di antara negara ASEAN lainnya, total ada 183 negara yang terjamin akses bebas visanya.

Dalam konteks ini, pemilik paspor ini bisa melakukan perjalanan lintas negara di hampir sebagian negara di dunia. Dengan kekuatan paspor ini, Malaysia juga berhasil meraih peringkat ke-12 dari seluruh negara di dunia.

Related Topics