NEWS

Jelang Ramadan Penjualan Produk F&B di E-commerce Naik 75%

Minuman coklat, selai olesan, dan coklat kemasan diminati.

Jelang Ramadan Penjualan Produk F&B di E-commerce Naik 75%Ilustrasi Suasana Ramadan. Shutterstock/Billion Photos
01 March 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Beberapa hari jelang menyambut Ramadan, Compas.co.id melakukan pantauan terhardap e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Pada pemantauan yang dilakukan sejak 1 - 25 Februari 2024 pada platform Shopee, Tokopedia dan Blibli. Compas.co.id mendapati beberapa produk makanan dan minuman manis mengalami peningkatan jumlah produk terjual hingga 75 persen dibanding periode yang sama pada bulan sebelumnya (MoM).

Produk minuman coklat, selai olesan, dan coklat kemasan merupakan produk yang mengalami peningkatan tertinggi dibandingkan jenis Food & Beverages (F&B) lainnya.

“Kami memahami masyarakat yang tengah bersiap-siap untuk memasuki bulan Ramadan, di mana di Indonesia sendiri terdapat tradisi untuk konsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa," kata Co-Founder dan CEO Compas.co.id, Hanindia Narendrata, dalam keterangannya Jumat (1/3).

Makanan dan minuman manis diminati jelang Ramadan

Dok. Compas.id

Tradisi berbuka dengan makanan manis membuat jumlah produk terjual pada minuman coklat meningkat paling tinggi pada periode ini dibanding jenis Food & Beverages (F&B) lainnya, di mana meningkat 75 persen ke angka lebih dari 158 ribu produk, atau meningkat sekitar 60 ribu produk di sepanjang Februari.

Adapun jumlah produk terjual pada selai olesan mengalami kenaikan sebanyak 49 persen dibanding bulan sebelumnya, meningkat ke level 377 ribu produk, atau meningkat sekitar 125 ribu produk.

Pada periode jelang Ramadan di tahun 2024, sub kategori coklat kemasan juga turut meningkat 48 persen ke angka 860 ribu produk, atau meningkat sekitar 300 ribu produk dibanding bulan sebelumnya.

Adapun kategori F&B pada riset ini masih dikuasai oleh frozen food dengan 3,1 juta jumlah produk terjual, meningkat 1 persen dari atau naik sekitar 32 ribu produk, yang kemudian disusul bumbu instan dengan 1,1 juta produk, meningkat 2 persen atau naik 22 ribu produk dibanding periode yang sama di bulan Januari 2024.

200 ribu produk coklat terjual di TikTok Shop

Dok. Compas.id

Related Topics