NEWS

Ini Spesifikasi dan Harga Jet Tempur Rafale yang Diborong Prabowo

Rafale memiliki bobot lepas landas mencapai 24,5 ton.

Ini Spesifikasi dan Harga Jet Tempur Rafale yang Diborong PrabowoPesawat Jet Tempur Rafale yang dibeli oleh Yunani pada 3 Desember 2021. (Dok. Dassault Aviation)
by
14 February 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Indonesia akan membeli pesawat tempur buatan perusahaan Prancis, Dassault Aviation. Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto usai menerima kunjungan kehormatan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis Florence Parly di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (10/2).

Pembelian jet temput ini merupakan satu dari lima kerja sama baru di bidang pertahanan yang disepakati saat pertemuan tersebut.

“Dan saat ini, status hubungan bilateral kita di bidang pertahanan berada dalam status tertinggi, yaitu kita telah menandatangani Persetujuan Kerja sama Pertahanan / Defence Cooperation Agreement (DCA) pada 28 Juni 2021,” ujar Prabowo dikutip dari dari keterangan resmi.

Harga Dassault Rafale

Untuk tahap awal, Indonesia meneken kontrak pembelian 6 pesawat tempur Rafale generasi 4,5 antara Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan dengan Dassault. Hal ini sebagai awal dari kontrak yang lebih besar untuk 36 pesawat tempur Rafale berikutnya.

Mengutip laman aerocorner.com harga pesawat temput Rafale per unit adalah US$120 juta atau sekitar Rp1,72 triliun. Artinya, anggaran yang dibutuhkan Indonesia untuk membeli 6 pesawat tempur adalah sekitar Rp10,32 triliun.

Rafale yang merupakan jet tempur buatan Dassault Aviation ini mampu melakukan serangan darat, dan laut, pengintaian, serangan akurasi tinggi, serta pencegahan serangan nuklir.

Banyak digunakan negara lain

Melansir airforce-technology.com, pesawat ini dikembangkan untuk Angkatan Laut Prancis dan Angkatan Udara Prancis. Banyak negara juga telah menggunakan alutsista ini, termasuk Afghanistan, Mali, Libya, Suriah, dan Irak. Mesir, Qatar, Yunani dan India juga telah memesan pesawat tersebut.

Rafale memiliki kokpit yang dilengkapi dengan hands-on throttle and stick control (HOTAS). Pesawat jet tempur Rafale memiliki rentang sayap 10,9 meter, panjang pesawat 15,30 meter, dan tinggi 5,30 meter. Rafale mampu melaju dengan kecepatan maksimal 1.389 kilometer per jam pada ketinggian maksimal hingga 50.000 kaki.

Related Topics