NEWS

KCIC Mulai Pasang Rel Kereta Cepat, Januari 2023 Ditargetkan Rampung

Pembangunan saat ini telah mencapai 82 persen.

KCIC Mulai Pasang Rel Kereta Cepat,  Januari 2023 Ditargetkan RampungProses pemasangan rel kereta cepat Jakarta-Bandung yang disaksikan oleh Menhub Budi Karya Sumadi, Rabu (21/4). (Dok. Kemenhub)
by
22 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai dipasang. Instalasi mulai dilaksanakan pada Rabu (20/4) dan ditargetkan rampung pada Januari 2023.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan proyek KCJB merupakan proyek strategis nasional dan menjadi simbol persahabatan antara negara Indonesia dengan Tiongkok.

“Proyek ini juga menggunakan teknologi transportasi yang pertama kalinya ada di Asia Tenggara. Saya bangga dan apresiasi dengan apa yang sudah dilakukan, dengan memasang rel menggunakan teknologi yang tinggi,” kata Budi seperti dikutip dari keterangannya, Kamis (22/4).

Pemasangan rel kereta cepat Jakarta-Bandung ini menerapkan teknologi yang berbeda dengan proyek kereta api lainnya di Indonesia. Perbedaan terlihat dari metodenya yang berpengaruh pada durasi pemasangan sehingga lebih cepat.

Ada transfer pengetahuan

Sebelum dipasang, rel terlebih dahulu disambung per 50 meter untuk menjadi utuh sepanjang 500 meter. Dengan begitu, durasi pemasangannya secara keseluruhan akan menjadi lebih cepat.

Budi menjelaskan, penggunaan teknologi baru ini menjadi pengetahuan baru bagi anak bangsa. “Proses knowledge transfer telah terjadi. Dan Insya Allah ke depan ini akan menjadi keahlian dari bangsa kita,” kata Budi.

Lebih lanjut, Budi mengatakan proyek KCJB ini ditargetkan untuk uji coba dinamis pada akhir 2022. “Diharapkan Bapak Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Tiongkok akan bersama-sama melakukan uji coba,” ujarnya.

Budi meminta PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) khususnya kepada konsorsium BUMN baik Indonesia maupun Tiongkok terus bersinergi dalam menyelesaikan proyek KCJB sesuai dengan target, dan tetap mengutamakan pemenuhan kualitas pekerjaan serta keselamatan kerja.

Pembangunan telah capai 82 persen

Pada kesempatan yang sama, Dirut KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, mengatakan progres proyek KCJB ini sudah mencapai 82 persen, dengan target selesai dan dioperasikan pada 2023. Saat ini para masinis yang akan mengoperasikan kereta tengah menjalani pelatihan.

Kereta Cepat Jakarta Bandung menempuh jarak 142,3 kilometer dari Stasiun Halim, Jakarta sampai dengan Depo Tegalluar, Jawa Barat. Kehadiran kereta cepat ini diharapkan  dapat meningkatkan mobilitas pergerakan penumpang dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya, serta untuk membangun pertumbuhan ekonomi wilayah, terutama di wilayah yang dilalui jalurnya.

Related Topics