NEWS

Indonesia Ekspor Alat Rapid Tes Antigen ke Thailand dan Irlandia

Pemerintah mendukung pengembangan industri kesehatan.

Indonesia Ekspor Alat Rapid Tes Antigen ke Thailand dan IrlandiaANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/hp
by
08 September 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE –  PT Taishan Alkes Indonesia mengekspor produk alat rapid tes Antigen ke Thailand dan Irlandia, pada Selasa (7/9). Keberhasilan perusahaan ini menembus pasar luar negeri diapresiasi penuh oleh Kementerian Perindustrian

“Industri alat kesehatan adalah salah satu sektor prioritas yang menjadi perhatian pemerintah saat ini, terutama terkait dengan penanggulangan Covid-19 dan peningkatan penggunaan produk alat kesehatan dalam negeri,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan resminya, Selasa (7/9).

Agus menuturkan, bahwa daya saing produk dari sisi quality, cost, dan delivery dapat bersaing di pasar internasional. “Harga dari produk Taishan ini sangat kompetitif untuk di pasar domestik dibanding produk impor. Ini membawa nilai tambah tersendiri bagi konsumen,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia berharap, kegiatan ekspor ini menjadi awal yang baik bagi industri alat kesehatan dalam negeri untuk memperluas pasar hingga ke mancanegara. “Kemenperin akan selalu mendukung upaya-upaya untuk peningkatan daya saing industri dan memajukan industri dalam negeri. Kami optimistis bahwa anak-anak bangsa kita bisa mewujudkannya,” ucapnya.

Produksi 1,2 juta pcs alat tes per hari

Agus Gumiwang menyebut, PT. Taishan Alkes Indonesia telah menanamkan investasinya di bidang alat kesehatan untuk menghasilkan produk Antigen Rapid Test Cassette dengan kapasitas produksi sebesar 1,2 juta pcs per hari dan menyerap tenaga kerja hingga 1.000 orang.

“Jadi, dari investasi dan serapan tenaga kerjanya, sektor ini memberikan multiplier effect yang luas bagi perekonomian nasional. Kami terus memacu perusahaan ini untuk ekspansi sehingga mendorong substitusi impor,” ungkapnya.

Kantongi izin edar

Produk Rapid Test Swab Antigen PT. Taishan Alkes Indonesia telah mendapatkan izin edar Alat Kesehatan Dalam Negeri (AKD) dari Kementerian Kesehatan. Kemudian, produk ini pun telah tersertifikasi CE (CE mark) yang mendukung dalam kegiatan ekspor ke pasar Eropa. 

Related Topics