NEWS

Daftar 10 Kota Terlayak Huni di Dunia 2023

Vienna, Austria, kembali menempati daftar teratas.

Daftar 10 Kota Terlayak Huni di Dunia 2023ilustrasi negara Swiss (pexels.com/H. Emre)
28 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Economist Intelligence Unit (EIU) kembali merilis skor kelayakan kota-kota besar di dunia lewat laporan The Global Liveability Index 2023. Hasil survei tersebut menggambarkan perbaikan bertahap atas tingkat kelayakan kota-kota negara berkembang—yang menjadi pendorong terbesar perubahan dalam peringkat Global Liveability Index.

Indeks rata-rata 172 kota yang disurvei, kecuali Kyiv, Ukraina, mencapai 76,2 dari 100. Skor rata-rata tersebut naik dari 73,2 pada tahun lalu sekaligus menjadi skor tertinggi dalam 15 tahun terakhir.

"Skor kesehatan mengalami peningkatan yang paling signifikan, sementara peningkatan skor untuk pendidikan, budaya dan lingkungan, serta infrastruktur lebih rendah," demikian bunyi ringkasan laporan tersebut, dikutip Selasa (27/6).

Hanya skor stabilitas yang mengalami sedikit penurunan dan mencerminkan kenaikan persepsi korupsi dan ketidakstabilan sipil pada banyak kota di tengah krisis biaya hidup, serta peningkatan kejahatan di beberapa kota. 

Survei tersebut juga kembali mengukuhkan Vienna dalam daftar teratas kota paling layak ditinggali. Ibu kota Austria ini hanya sempat tergelincir dalam pemeringkatan pada 2021, ketika museum dan restoran terkenalnya menghadapi pembatasan untuk mengendalikan pandemi.

"Kota ini terus menawarkan kombinasi tak tertandingi antara stabilitas, infrastruktur yang baik, layanan pendidikan dan perawatan kesehatan yang kuat, serta banyak budaya dan hiburan, dengan salah satu kekurangannya adalah kurangnya acara olahraga besar," demikian laporan tersebut.

Hal serupa juga terjadi pada Kopenhagen, yang juga sering meraih peringkat tinggi dan mempertahankan posisinya di peringkat kedua dari tahun lalu. 

Sementara Melbourne dan Sydney naik peringkat ke posisi yang dipegang tahun lalu oleh kota-kota Eropa Barat seperti Frankfurt dan Amsterdam. Kota-kota di Australia ini, yang naik turun dalam peringkat Global Liveability Index selama pandemi, kini berada pada peringkat ketiga dan keempat. 

"Kota-kota tersebut telah mengalami peningkatan skor dalam kategori kesehatan sejak tahun lalu, ketika masih terpengaruh oleh gelombang Covid yang membebani sistem kesehatannya," begitu penjelasan laporan tersebut.

Berikut daftar lengkap 10 kota paling layak huni di dunia berdasarkan laporan The Global Liveability Index 2023:

  1. Vienna, Austria (indeks: 98,4)
  2. Copenhagen, Denmark (98,0)
  3. Melbourne, Australia (97,7)
  4. Sydney, Australia (97,4)
  5. Vancouver, Canada (97,3)
  6. Zurich, Switzerland (97,1)
  7. Calgary, Canada (96,8)
  8. Geneva, Switzerland (96,8)
  9. Toronto, Canada (96,5)
  10. Osaka, Japan (96,0)

Related Topics