NEWS

ESDM Putuskan Tarif Listrik Tak Naik Oktober-Desember 2023

Tarif listrik tak naik untuk jaga daya beli.

ESDM Putuskan Tarif Listrik Tak Naik Oktober-Desember 2023Petugas PLN mengecek kondisi meteran listrik pelanggan. (Doc: PLN)
18 September 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Pemerintah memutuskan tarif tenaga listrik untuk pelanggan nonsubsidi selama periode Oktober hingga Desember 2023 tidak mengalami kenaikan atau tetap. 

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman P Hutajulu mengatakan keputusan tersebut mencerminkan komitmen pemerintah untuk tetap menjaga daya beli masyarakat dan daya saing sektor bisnis serta industri. 

Sebab, berdasarkan perhitungan parameter ekonomi makro untuk periode kuartal IV 2023, tarif listrik seharusnya mengalami penyesuaian. 

Keempat parameter tersebut adalah kurs sebesar Rp14.927,54 per 1 US$, ICP sebesar US$71,51 per barel, inflasi sebesar 0,15 persen, dan Harga Batubara Acuan (HBA) sebesar US$70 per ton.

"Berdasarkan empat parameter tersebut, seharusnya penyesuaian tarif tenaga listrik bagi pelanggan non-subsidi mengalami kenaikan dibandingkan dengan tarif pada kuartal III-2023. Akan tetapi, demi menjaga daya beli masyarakat dan daya saing industri saat ini, pemerintah memutuskan tarif tenaga listrik tidak mengalami perubahan atau tetap," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (18/9).

Jisman juga menegaskan bahwa keputusan untuk tidak menaikkan tarif listrik juga berlaku pada 25 golongan pelanggan bersubsidi.

Subsidi listrik akan tetap diberikan untuk pelanggan sosial, rumah tangga miskin, bisnis kecil, industri kecil, dan pelanggan dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kementerian ESDM tetap mendorong PT PLN (Persero) agar selalu berupaya melakukan langkah-langkah efisiensi operasional dan memacu penjualan tenaga listrik secara lebih agresif," kata Jisman 

PLN siap jalankan keputusan 

Sementara itu, PT PLN (Persero) menyatakan siap menjalankan keputusan pemerintah untuk menjaga tarif listrik 13 golongan pelanggan non-subsidi tidak mengalami kenaikan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan perusahaannya berkomitmen untuk menyediakan pasokan listrik yang andal bagi seluruh masyarakat dan sektor bisnis hingga industri di Tanah Air yang sedang tumbuh.

“Kehadiran listrik sangat penting bagi pergerakan roda ekonomi. Kami terus memastikan pelanggan dapat terus memperoleh listrik yang andal dan berkualitas,” ujar Darmawan.

Untuk perincian tarif tenaga listrik di kuartal IV atau selama periode Oktober-Desember 2023 dapat dilihat melalui link https://web.pln.co.id/pelanggan/tarif-tenaga-listrik/tariff-adjustment​​​​

Related Topics