Comscore Tracker
NEWS

Lapas Klas 1 Tangerang Terbakar, 41 Napi Tewas

Kebakaran diduga akibat arus pendek listrik.

Lapas Klas 1 Tangerang Terbakar, 41 Napi TewasANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas 1 Kota Tangerang, Banten, mengalami kebakaran pada Rabu (8/9) dini hari dan menewaskan 41 narapidana. Mengutip Kantor Berita Antara, hingga saat ini kepolisian masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait insiden tersebut.

Informasi sementara, kebakaran yang terjadi blok C Lapas Kelas 1 Tangerang pukul 01.45 WIB itu diduga akibat arus pendek listrik.

Saat ini proses penanganan terhadap korban meninggal dunia dan cedera masih dilakukan oleh petugas dengan penjagaan ketat dari kepolisian, TNI dan petugas internal Lapas Kelas 1 Tangerang.

Sejumlah korban luka telah ditangani tim medis Lapas. Sebagian lain yang mengalami luka berat dibawa ke RSUD Tangerang.

Menkum HAM Tinjau TKP

Kebakaran tersebut sebelumnya juga dibenarkan oleh Kepala Bagian Humas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Tubagus Erif Faturahman. Namun, penyebab pasti kebakaran Lapas Klas I Tangerang saat itu belum diketahui.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Shahid Hiariej, tampak tiba di lokasi kejadian. Tak lama setelah itu, Menkumham Yasonna Laoly juga mengunjungi TKP.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyatakan narapidana atau warga binaan sudah dikendalikan pihak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Petugas Pemadam Kebakaran Kota Tangerang juga menyebut proses pemadaman kebakaran sudah selesai.

Related Articles