NEWS

Reshuffle Kabinet: Jokowi Lantik Amran Sulaiman Jadi Menteri Pertanian

Jokowi juga lantik Agus Subiyanto sebagai KSAD baru.

Reshuffle Kabinet: Jokowi Lantik Amran Sulaiman Jadi Menteri PertanianAndi Amran Sulaiman membacakan sumpah jabatan sebagai menteri pertanian. (Dov: Youtube Sekretariat Presiden)
25 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Presiden Joko Widodo kembali mengangkat Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian. Hal tersebut diumumkan dalam Pelantikan Pejabat Negara Republik Indonesia yang diselenggrakan di Istana Negara hari ini, Rabu (25/10).

Pengangkatan Amran tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia No.101 P/2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 yang ditandatangani Selasa 24 Oktober 2023.

"[...] Dengan rahmat Tuhan Yang Maha esa Presiden Republik Indonesia memutuskan menetapkan ke-1 mengangkat saudara Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri pertanian kabinet Indonesia maju dalam sistem masa jabatan periode tahun 2019-2024," demikian bunyi beleid tersebut, dibacakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara.

Jokowi lantas mengambil sumpah jabatan Amran sebagai menteri pertanian.

Sehari sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan reshuffle kabinet kemungkinan akan dilangsungkan pada pekan ini. Hal itu dia sampaikan usai menghadiri pembukaan BNI Investor Daily Summit 2023. "Lagi disiapkan," ujarnya kepada wartawan.

Pos Menteri Pertanian sendiri masih kosong setelah ditinggalkan Syahrul Yasin Limpo yang terjerat kasus korupsi. Presiden sebelumnya telah menunjuk Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional, sebagai Pelaksana Tugas Menteri Pertanian.

Pelantikan KSAD dan Dubes LBBP RI untuk Argentina

Selain melantik Amran, Presiden juga melantik Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang baru, yaitu Letjen TNI Agus Subiyanto. Pasalnya, Jenderal Dudung Abdurachman, KSAD saat ini, akan memasuki masa pensiun pada November 2023.

Pengangkatan KSAD tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden RI No. 89 TNI tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden.

"Memutuskan: Kesatu, memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Dr Dudung Abdurahman NRP 32318 dari jabatannya sebagai KSAD disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara RI selama memangku jabatan tersebut. Kedua, mengangkat Letnan Jenderal TNI Agus Subianto SE MSE NRP1910029630867 sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," demikian petikan surat tersebut.

Selanjutnya, Presiden mengambil sumpah jabatan Agus sebagai KSAD yang baru.

Terakhir, Kepala Negara juga melantik Sulaiman sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) RI untuk Republik Argentina merangkap Republik Paraguay, dan Republik Oriental Uruguay berkedudukan di Buenos Aires. 

Pelantikan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) No.82/P/2023 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia, yang ditetapkan oleh Presiden pada 21 September 2023.

Related Topics