NEWS

Apakah Mobil Terbakar Bisa Ditanggung Asuransi?

Ini tips menghindari insiden mobil terbakar.

Apakah Mobil Terbakar Bisa Ditanggung Asuransi?Ilustrasi Mobil Terbakar/(ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
16 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Insiden mobil terbakar kerap terjadi belakangan ini. Faktornya-pun beragam, mulai dari instalasi listrik kendaraan yang rusak hingga cuaca panas. Lantas, apakah kondisi terdebut bisa ditanggung oleh asuransi? 

Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto menjelaskan,
kebanyakan kebakaran mobil yang terjadi memiliki faktor penyebab yang menjadi pemicu awal terjadinya kebakaran. 

Faktor penyebab kebakaran tersebut sepatutnya dapat mudah dikenali sebelum terjadi karena sebenarnya mobil tidak akan terbakar dengan sendirinya. Oleh karena itu, kebakaran mobil dapat dihindari dengan mudah sehingga dapat memberikan peace of mind di mana pun dan kapan pun 

Bila mengacu pada pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). Pada pasal 3 ayat 2 tercatat, risiko kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor yang disebabkan oleh barang atau hewan yang sedang berada di dalam, dimuat atau diangkut oleh kendaraan bermotor serta zat kimia, air, benda cair lainnya, yang berada di dalam kendaraan bermotor termasuk pengecualian penjaminan sehingga tidak akan dicover oleh polis asuransi mobil standar. 

Dengan demikian, insiden tersebut tidak bisa dicover hanya dengan produk standar asuransi. Dengan demikian, para pemilik kendaraan bisa menambahkan produk proteksi khusus kebakaran untuk bisa mencover insiden tersebut. 

“Selain memastikan kendaraan kesayangan telah diberikan perlindungan terbaik, namun juga penting untuk mengenali penyebab terjadinya suatu hal yang merugikan agar lebih memudahkan melakukan tindakan pencegahan lebih dini," kata Iwan. 

Selain melalui proteksi, kita juga bisa melakukan berbagai tips berikut untuk menghindari kejadian kebakaran di mobil.

Hati-hati melakukan modifikasi kelistrikan mobil

Petugas mengevakuasi mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya usai mengalami kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672 arah Surabaya.
Petugas mengevakuasi mobil Pajero nopol B 1264 BJU yang ditumpangi artis Vanessa Angel dan keluarganya usai mengalami kecelakaan di ruas tol Jombang-Mojokerto KM 672 arah Surabaya. (AntaraFoto/Syaiful Arif)

Setiap mobil memiliki sektor kelistrikan seperti kebutuhan daya listrik, sistem, dan rangkaian lainnya yang telah diperhitungkan dan melewati tahap uji coba oleh pabrikan kendaraan masing-masing agar dapat berjalan dengan baik dan aman dalam jangka waktu yang lama. 

Oleh karenanya, jika tidak dibutuhkan, pabrik kendaraan tidak merekomendasikan bagi para pemilik mobil untuk melakukan modifikasi khususnya pada bagian kelistrikan seperti lampu, kabel, modul hingga rangkaiannya tanpa memperhitungkan aspek teknis atau tidak sesuai dengan standar. 

Sehingga penting untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu pada bengkel resmi atau spesialis modifikasi kelistrikan yang terpercaya jika memang dibutuhkan. Serta pastikan modifikasi yang dilakukan aman sebelum diaplikasikan. 

Hindari menyimpan barang mudah terbakar di dalam mobil

Ilustrasi Menyimpan Hand Sanitizerdi Mobil/Dok Gardaoto

Related Topics