NEWS

Jumlah Desa Wisata di Indonesia 2023, Terbaru!

Memberdayakan masyarakat.

Jumlah Desa Wisata di Indonesia 2023, Terbaru!ilustrasi desa wisata (unsplash.com/satria setiawan)
09 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Desa wisata menjadi salah satu wisata dengan menonjolkan keindahan alam di suatu desa. Tren ini banyak digunakan oleh sejumlah negara, termasuk Indonesia untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke wilayah mereka.

Tak hanya menampilkan keasrian alamnya, tapi juga berpotensi untuk memperkenalkan budaya hingga wisata kuliner lokal. Indonesia sangat terkenal dengan keanekaragaman budayanya, tentu saja program desa wisata sangat sesuai untuk diaplikasikan.

Mungkin, tidak banyak yang menyadari bahwa Indonesia juga memiliki desa wisata yang menarik sejumlah turis mancanegara. Tempat rekreasi tersebut tersebar di beberapa wilayah di nusantara.

Lantas, berapa jumlah desa wisata di Indonesia? Mari simak bersama dalam artikel berikut ini.

Apa itu desa wisata?

Sebelum Anda mengetahui jumlah desa wisata di Indonesia, ketahui terlebih dahulu pengertian desa wisata agar lebih mudah memahaminya.

Desa wisata adalah sebuah konsep komunitas atau masyarakat yang memiliki kepedulian atau kesadaran mengenai potensi dari wilayahnya sebagai destinasi wisata.

Prinsip utama dari desa wisata adalah desa membangun. Hal ini berfokus dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut untuk mengembangkan usaha produktif sesuai dengan sumber daya dan potensi lokal.

Terdapat 3 komponen yang perlu diperhatikan untuk menjadikan desa wisata, antara lain:

1. Ekosistem desa

Pihak desa harus mengetahui kondisi alam atau ekosistem di wilayah tersebut apakah mendukung lokasi wisata atau tidak.

2. Keadaan masyarakat

Desa wisata diharapkan dikelola oleh masyarakat setempat. Untuk itu, perlu adanya SDM yang memadai agar pembangunan dan perkembangan desa wisata bisa lebih optimal.

3. Konsep desa wisata

Buatlah konsep desa wisata seunik mungkin agar memberikan nilai tambah dari desa wisata lainnya.

Potensi desa wisata di Indonesia

Indonesia juga terus berusaha untuk menggenjot wisata kearifan lokal tersebut. Hal ini terbukti dengan pertambahan jumlah desa wisata di tanah air.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat, pada tahun 2023 ada 4,674 desa wisata di Indonesia. Jumlah tersebut bertambah 36,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya 3.419 desa wisata saja.

Dari data tersebut, Sulawesi Selatan menjadi provinsi yang memiliki jumlah desa wisata terbanyak di Indonesia, yaitu 480. Disusul dengan Jawa Timur yang memiliki 453 desa wisata.

Related Topics