NEWS

5 Miliarder Ini Tergiur Beli Chelsea dari Taipan Rusia Abramovich

Abramovich, yang baru dihukum Inggris, akan menjual Chelsea.

5 Miliarder Ini Tergiur Beli Chelsea dari Taipan Rusia AbramovichBendera Chelsea, klub yang sedang diperebutkan para miliarder. (Shutterstock/Cosmin Iftode)

by Tanayastri Dini Isna KH

11 March 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Taipan Rusia pemilik klub sepak bola Chelsea FC, Roman Abramovich, baru saja mendapatkan sanksi dari pemerintah Inggris. Praktis, tekanan global terhadap miliarder itu kian membesar.

Inggris akan membekukan aset milik sang taipan, selain pula melarangnya menginjakkan kaki di Inggris. Namun, Chelsea—salah satu aset Abramovich—akan mengantongi lisensi khusus agar bisa terus beroperasi di Inggris walau pemiliknya mendapat sanksi.

Berpokok dari sanksi tersebut, Abramovich kabarnya telah menjual aset propertinya di London. Bahkan, mengutip Fox Business, Jumat (11/3), sang miliarder juga tengah mencoba menjual klub sepak bola yang sudah ia pimpin selama 19 tahun.

Bagai ikan yang menghampiri pancing, sejumlah konglomerat pun menunjukkan minat untuk mengambil alih Chelsea dari tangan Abramovich. Siapa saja yang mau beli Chelsea? Ini dia daftarnya.

Muhsin Bayrak

Taipan asal Turki, Muhsin Bayrak, merupakan penawar terbaru yang berlomba untuk membeli The Blues, demikian menurut laporan media Inggris. Manajer Umum AB Grup Holding Bayrak, Seda Bayrak, mengonfirmasi kabar itu.

“Kami telah meneruskan tawaran kami mengenai hal ini (ketertarikan membeli Chelsea),” ujarnya, dilansir dari Channel News Asia.

Todd Boehly

Selain Bayrak, taipan Negeri Paman Sam, Todd Boehly juga terlibat dalam penawaran mengakuisisi Chelsea. Sejauh ini, salah satu pemilik LA Dodgers itu bahkan memimpin sesi penawaran. Tidak sendiri, Boehly dikabarkan menggandeng jutawan asal Swiss, Hansjoerg Wyss.