NEWS

Cara Cek Simulasi Surat Suara Pemilu 2024 secara Online

Cara cek simulasi suara pemilu secara online tak sulit.

Cara Cek Simulasi Surat Suara Pemilu 2024 secara OnlinePekerja melipat kertas surat suara untuk pemilihan calon legislatif DPRD Dapil III di Gudang Pergudangan Logistik KPU, Semper, Jakarta Utara, Selasa (9/1). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

by Tanayastri Dini Isna KH

13 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Sehari menuju Pemilihan Umum 2024 (Pemilu 2024), sudah tahu jika Anda bisa mengecek simulasi surat suara secara daring? Berikut ini informasi lengkapnya.

Di TPS nanti, Anda akan mendapat empat surat suara berbeda. Masing-masing dari surat suara itu berisi daftar calon DPR RI, DPRD, DPD, serta presiden dan wakil presiden. Situs web untuk simulasi surat suara pemilu bisa membantu Anda memperoleh gambaran wujudnya sebelum hari pencoblosan. Bukan hanya untuk pemilihan presiden, melainkan juga pemilihan DPRD, DPD, dan DPR RI.

Dalam surat suara simulasi daring, Anda bisa melihat daftar nama calon presiden dan wakil presiden serta pada calon legislatif. Lengkap dengan asal partai, nomor urut, hingga letak nama mereka.

Tak hanya itu, Anda pun bisa mengakses informasi terkait rekam jejak para politisi yang mencalonkan diri ke posisi eksekutif dan legislatif tersebut. Dengan begitu, apabila Anda masih perlu menggali profil dan latar belakang mereka, prosesnya akan menjadi lebih mudah dan sederhana.

Adapun, untuk melihat simulasi surat suara pemilu secara daring, Anda bisa menggunakan situs web Good Kind. Bagaimana lengkapnya cara cek simulasi surat suara daring di laman itu? Inilah rangkuman langkah-langkahnya.

Cara cek simulasi surat suara pemilu secara online

  • Buka situs web https://goodkind.id/pemilu.

  • Klik tombol “mulai” di bagian atas situs web Good Kind.

  • Input kabupaten atau kota domisili Anda sesuai dengan KTP.

  • Input kecamatan sesuai dengan KTP

  • Klik tombol “Simulasi Surat Suara”

  • Anda dapat melihat simulasi surat suara untuk DPR RI, DPRD, DPD, serta presiden dan wakil presiden.

  • Pelajari profil dan rekam jejak setiap calon dengan mengeklik nama masing-masing. 

Lebih lanjut, Anda juga dapat memanfaatkan fitur pencarian di atas simulasi surat suara untuk mengecek siapa calon yang memiliki program sesuai yang Anda cari.

Misalnya, Anda tertarik dengan program yang berhubungan dengan kesejahteraan atau kesetaraan. Cukup dengan menginput kata kunci itu, Anda bisa menemukan calon legislatif yang mengusung program di bidang tersebut.

Anda juga bisa membagikan simulasi surat suara tersebut lewat WhatsApp, Facebook, hingga Twitter atau X untuk memudahkan keluarga ataupun orang yang memilih di wilayah yang sama.

Demikian cara cek simulasi surat suara pemilu secara daring. Jangan lupa untuk menggunakan hak pilih Anda besok, ya.

Related Topics