Comscore Tracker
SHARIA

Bank Muamalat Hadirkan Layanan Digital untuk Nasabah

Improvisasi layanan penting untuk diperhatikan bank syariah.

Bank Muamalat Hadirkan Layanan Digital untuk NasabahWebsite Bank Muamalat

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) melakukan improvisasi untuk meningkatkan literasi nasabah melalui aplikasi layanan call center yang disebut SALMA (Salam Live Chat Muamalat).

Sebelumnya, bank syariah pertama Indonesia itu telah memiliki layanan call center yang bernama SalaMuamalat. Namun, metodenya masih tradisional. Sistem berbasis suara tersebut dinilai kurang efektif  karena satu agen hanya dapat melayani satu nasabah pada satu waktu. Nasabah pun harus mengeluarkan biaya untuk melakukan panggilan.

“Diperlukan layanan pemberian informasi real time yang dapat diterima oleh nasabah tanpa harus datang ke cabang dengan biaya paling minimum. Layanan live chat dapat menjadi gerbang baru dalam melayani nasabah secara online dan dapat meningkatkan daya saing bank dalam tren inovasi layanan digital,” ujar Operation Director Bank Muamalat, Awaldi, kepada Fortune Indonesia.

Konsep layanan SALMA

SALMA dapat dimanfaatkan oleh nasabah maupun calon nasabah untuk melakukan percakapan dengan SalaMuamalat Officer (SMO) secara online

Percakapan tersebut dapat berupa pertanyaan, saran, serta hal lain terkait produk serta layanan Bank Muamalat yang bersifat non finansial seperti informasi pendanaan dan pembiayaan.

SALMA bisa diakses melalui aplikasi chatting tertentu atau melalui widget/jendela yang tersedia pada laman resmi Bank Muamalat. Untuk dapat mengakses aplikasinya, pengguna harus mendaftarkan nomor telepon seluler resmi Bank Muamalat pada aplikasi chatting. Pastikan nomor telepon seluler yang didaftarkan resmi milik Bank Muamalat.

Akan hal mengakses SALMA pada situs Bank Muamalat, pengguna harus memasukkan data yang diperlukan seperti nama, alamat email, dan nomor telepon pada widget SALMA. Data tersebut dapat disimpan oleh bank untuk keperluan konfirmasi atau komunikasi atas penggunaan layanan ini.

Faktor keamanan layanan

Menurut Awaldi, keamanan digital menjadi prioritas Muamalat. “Data percakapan termasuk data pribadi nasabah dipastikan terproteksi dan hanya dapat diakses oleh petugas yang berwenang,” ujarnya.

Layanan perbankan terbaru Bank Muamalat

Selain itu, Bank Muamalat juga baru saja menambah sejumlah fitur pada layanan mobile banking yang dinamakan DIN (Digital Islamic Network) untuk meningkatkan pengalaman nasabah. “Kami baru saja menambah fitur intip saldo tanpa harus login terlebih dahulu dan fitur memunculkan atau menyembunyikan informasi saldo,” kata Awaldi.

Selain itu, layanan mobile banking Muamalat juga telah menerapkan transaksi QRIS, memungkinkan topup uang elektronik LinkAja, sebagai tambahan dari Ovo dan Gopay yang sudah ada.

Related Articles