Comscore Tracker
SHARIA

Kiswah Ka'bah Diganti Sutra Berlapis Emas, Setara Rp100 M

Habiskan 760 kg sutra Italia, 120 kg emas, dan 100 kg perak.

Kiswah Ka'bah Diganti Sutra Berlapis Emas, Setara Rp100 MKiswah Ka'bah Diganti Baru dengan Sutra Berlapis Emas/Dok. Istimewa

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Kiswah atau kain penutup Ka'bah resmi diganti pada 1 Muharram 1444 H. Kiswah Ka'bah pun menjadi kain termahal di dunia.  Kiswah begitu istimewa, pasalnya kain penutup Ka’bah bukanlah kain biasa. Anggaran pembuatannya yang sangat mahal membuat kain kiswah tersebut terasa spesial.

Dilansir dari Middle East, Senin (1/8), setiap tahunnya penggantian kiswah Ka'bah menelan biaya sekitar 25 juta riyal atau setara Rp100 miliar. 

"Di sini adalah produksi dengan bahan yang paling mahal di dunia. Setiap tahun biayanya sekitar 25 juta Riyal Saudi," kata Asisten Wakil Sekretaris Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswah Al Ka'bah Al-Musyarrafah Ir Faris Al Mathrafi, di Makkah, dikutip Senin (1/8).

Apa yang membuatnya mahal?

Kiswah penutup Ka'bah berukuran 6,3 meter x 3,3 meter. Bahan itu terdiri dari 760 kilogram (kg) sutra dari Italia, 120 kg emas, dan 100 kg perak dari Jerman. 

Di dalamnya tertera tulisan beberapa ayat Al Quran dan Asmaul Husna, dalam bentuk yang berbeda-beda, ada yang kotak, panjang dan lainnya. Sebagai tempat pembuatan Kiswah Ka’bah, Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Mustarrafah adalah salah satu pusat peradaban di Makkah.

Pembuatannya dikerjakan oleh sebanyak 220 teknisi dan seniman yang ikut bekerja dalam membuat kiswah. Dibutuhkan waktu sekitar delapan sampai 10 bulan untuk pengerjaan Kiswah yang berukuran 6,3 meter kali 3,3 meter

"Di sini adalah produksi dengan bahan yang paling mahal di dunia," katanya, menambahkan.

Bagi Arab Saudi menggelontorkan biaya yang fantastis untuk sebuah kain kiswah tidak berarti apa-apa, karena kain itu akan membalut situs paling berharga bagi umat Muslim di seluruh dunia. 

Penggantian memakan waktu 12 jam

Proses penggantian kiswah cukup memakan waktu hampir 12 jam sampai benar-benar kiswah tersebut menutupi empat sisi Ka'bah.

Kiswah diganti sejak usai shalat Isya di Masjidil Haram, Jumat 29 Juli 2022 sekitar pukul 21.30 Waktu Arab Saudi (WAS) atau Sabtu 30, Juli 2022 pukul 01.30 Waktu Indonesia Barat (WIB). 

Seluruh proses penggantian kiswah Ka'bah akhirnya selesai sekira pukul 10.00 WAS, Sabtu, (30/7).

Penggantian kiswah Ka'bah disaksikan para jamaah haji di area mataf yang melakukan tawaf. Bahkan, tawaf sempat berhenti beberapa menit pada saat detik-detik penggantian kiswah Ka'bah sebelum akhirnya jamaah haji kembali melakukan tawaf.

Tahun ini, untuk pertama kalinya Kiswah akan diganti pada 1 Muharram atau saat tahun baru Islam 1444 Hijriah atas perintah Raja Salman. Biasanya kiswah Ka'bah diganti pada 9 Dzulhijjah pada saat jamaah haji melakukan wukuf di Arafah, 

Related Articles