Comscore Tracker
SHARIA

Jumlah Karyawan Milenial di BSI capai 73,8%

10 ribu pegawai BSI siap jadi agen literasi keuangan.

Jumlah Karyawan Milenial di BSI capai 73,8%ShutterStock/CahyadiSugi

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - Karyawan milenial kini mendominasi PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). Perusahaan yang merupakan gabungan bank-bank syariah pelat merah ini pun berkomitmen mendukung peran mereka. 

Direktur Compliance & Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi dalam sambutannya saat membuka acara "Milenial Gathering BUMN Bersama BSI" bahkan mengungkapkan, hingga saat ini persentase karyawan milenial di BSI telah mencapai 73,8 persen. 

"Saat ini, 73,8 persen karyawan BSI merupakan kelompok milenial, sehingga menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk melakukan literasi keuangan dan perbankan syariah sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo dan Kementerian BUMN,” ungkap Dewi melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa (14/6).

Sasar generasi milenial untuk pengembangan literasi syariah

Dewi bahkan menyatakan, pihaknya menyasar target generasi milenial untuk pengembangan literasi keuangan syariah. 

Generasi milenial merupakan gabungan dua generasi yang memiliki rentang usia antara 11-41 tahun saat ini mencapai 145,39 juta jiwa atau 53,81 persen dari total populasi penduduk di Indonesia. 

Untuk itu pendekatan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di perusahaan ditekankan pada pembangunan capacity building karyawan di kelompok usia tersebut untuk mendorong literasi keuangan syariah.

Seperti diketahui sebelumnya, Kementerian BUMN, melalui Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo sejak awal  proses merger, juga  menekankan kepada  BSI untuk menggarap target market milenial. 

Untuk itu, Tribuana Tunggadewi menambahkan BSI terus mendukung peningkatan kemampuan dan capacity building SDM pegawai BSI melalui program training, pendidikan spesialisasi yang komprehensif  di dalam dan luar negeri sehingga harapannya SDM insan BSI yang kompeten untuk menjadi agen literasi keuangan syariah. 

10 ribu pegawai BSI siap jadi agen literasi keuangan

Dari sisi pengembangan sumber daya manusia, saat ini BSI telah memiliki lebih dari 10.000 pegawai generasi milenial yang siap menjadi agen-agen literasi keuangan syariah di lebih dari 1.400 kantor cabang BSI di seluruh Indonesia. Selain itu, dukungan penuh juga diberikan kepada talenta-talenta terbaik BSI untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Master atau Doktoral yang mendukung profesi sebagai sharia bankers. 

Tercatat sebanyak 64 pegawai BSI sedang menjalani perkuliahan di Binus University, BRI Institute, IPB, ITB, LSPR, Telkom University, UGM, UI dan Unpad. Sebanyak tiga pegawai BSI melanjutkan studinya di luar negeri, antara lain University of Birmingham, University of New South Wales, University of Strathclyde Business School. 

BSI sendiri telah membuka program development bagi pegawai baru seperti ODP dan MDP, sejak 1 Februari 2021 lalu dengan total 293 pegawai yang telah lulus dari program development ini. Selain itu, ada empat pegawai yang akan diikutkan dalam program attachment di Dubai, dimana BSI baru saja meresmikan kantor perwakilannya disana. Sebanyak 80 talent yang eligible mendapat program S2 dari BSI tahun ini.

Related Articles