Comscore Tracker
TECH

Jelang Metaverse, Facebook Berganti Nama Menjadi Meta

Meta mencerminkan produk metaverse yang akan dibangun.

Jelang Metaverse, Facebook Berganti Nama Menjadi MetaIlustrasi Facebook. (ShutterStock/AlexandraPopova)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

Jakarta, FORTUNE – Menindaklanjuti kabar yang beredar tentang semesta digital ‘metaverse’ yang akan menjadi fokus perusahaan media sosial Facebook di masa depan, Mark Zuckerberg, selaku CEO Facebook, mengumumkan nama baru perusahaannya, yakni Meta. Sesuai janjinya, Zuckerberg mengumumkan hal ini dalam acara Facebook Connect (28/10).

Menurutnya, nama Facebook yang selama ini dibesarkannya masih belum dapat mencakup apa yang dilakukan perusahaan saat ini. Nama Meta mencerminkan produk yang kini sedang dibangun. “Namun, seiring berjalannya waktu, saya harap kami terlihat sebagai perusahaan metaverse,” kata Zuckerberg seperti dilansir The Verge (28/10).

Zuckerberg menulis dalam sebuah posting blog bahwa struktur perusahaan tidak akan berubah, tetapi laporan keuangannya akan berubah. “Dimulai dengan hasil kami untuk kuartal keempat 2021, kami berencana untuk melaporkan dua segmen operasi: Keluarga Aplikasi dan Lab Realitas” ujarnya.

Selain itu, dengan nama baru Meta ini, perusahaan akan memulai perdagangan di bursa saham dengan kode MVRS, pada 1 Desember. “Pengumuman hari ini tidak memengaruhi cara kami menggunakan atau membagikan data,” katanya.

Perubahan untuk jadi lebih baik dari sebelumnya

Lebih jauh, Zuckerberg menjelaskan kepada The Verge bahwa perubahan ini selaras dengan visi masa depan yang sedang diupayakan. Seluruh dunia sudah mengenal Facebook sebagai perusahaan media sosial, tetapi Facebook yang sekarang lebih mengarah kepada perusahaan teknologi yang membangun teknologi untuk membantu orang terhubung satu sama lain.

“Kami pikir itu membuat kami berbeda dari perusahaan lain karena semua orang mencoba untuk bekerja pada bagaimana orang berinteraksi dengan teknologi, di mana kami membangun teknologi sehingga orang dapat berinteraksi satu sama lain,” ujar Zuckerberg.

Bagi Zuckerberg, ini bukan hanya tentang media sosial, dan semakin lebih dari sekadar apa yang sudah dilakukan. Ia merasa nama yang lama semakin tidak mencakup semua yang kini dilakukan. “Jadi, kami ingin mengubahnya untuk memiliki sesuatu yang lebih menggugah dari visi yang kami tuju,” ujarnya.

Makna nama Meta dan logo terbaru

Nama Meta dalam pembaruan jenama Facebook, hadir bersamaan dengan logo baru yang membentuk huruf M berwarna biru, namun terlihat seperti makanan pretzel. Logo ini dikabarkan sudah tersebar di sejumlah tempat dan sudah tidak jadi rahasia lagi.

Menjelaskan tentang makna logo baru ini, Zuckerberg mengungkap bahwa bentuk ini mencerminkan seberapa besar perubahan yang dilakukan perusahaan. Nama meta sendiri diambil dari bahasa Yunani yang berarti ‘melampaui’. “Bagi saya, itu melambangkan bahwa selalu ada lebih banyak untuk dibangun, dan selalu ada bab selanjutnya dari setiap cerita,” ucapnya.

Terus berupaya memberikan yang terbaik

Dalam perbincangan dengan The Verge, Zuckerberg mengatakan pihaknya akan terus berfokus untuk menjadi yang terbaik dalam membangun aplikasi media sosial. Facebook sudah membuktikannya dan orang menggunakan aplikasi ini dan terus menginginkan pengembangan ke arah yang lebih baik lagi.

“Saya pikir, secara umum, orang-orang terbaik ingin bekerja sebagai bagian dari misi besar. Saya pasti berpikir bahwa metaverse sebagai bab berikutnya dari internet akan sangat menarik bagi banyak orang yang tepat. Saya pikir kami jelas diposisikan sebagai perusahaan yang memiliki visi paling ambisius dan komitmen serta investasi terdalam di bidang ini,” kata Zuckerberg.

Zuckerberg menyatakan akan terus berlari dan berfokus pada apa yang ingin ia capai melalui Metaverse.”Ini adalah visi untuk masa depan yang sangat kami sukai dan yang kami komitmenkan dan kami benar-benar capai. Saya tidak akan ingin melakukan ini jika tidak ada dalam hati saya bagaimana perasaan saya tentang apa yang kami lakukan,” ucapnya.

Related Topics

Related Articles