Comscore Tracker
TECH

AWS Alami Gangguan, Paket Amazon Jadi Menumpuk

Netflix, Disney Plus, Alexa, hingga Tinder juga terganggu.

AWS Alami Gangguan, Paket Amazon Jadi MenumpukAmazon. (Pixabay/geralt)

by Tanayastri Dini Isna KH

Jakarta, FORTUNE - Jaringan komputasi awan Amazon Web Services (AWS) mengalami gangguan pada Selasa (7/12) dan Rabu (8/12) waktu Indonesia Barat (WIB). Performa sejumlah layanan digital pun terkena getahnya. Sebut saja Netflix, Disney Plus, Instacart, hingga Alexa.

Puncak gangguan berlangsung pada Selasa tengah malam. Menurut situs pelacakan aktivitas internet Downdetector, sekiranya ada 11.214 laporan gangguan per Selasa pukul 23.21 WIB. Laporan mulai melandai pada Rabu pagi. Namun, per pukul 10.51 WIB, masih ada 519 komplain terkait gangguan AWS.

Pada akhirnya, deretan layanan digital tumbang sebab banyak perusahaan yang mengandalkan AWS dalam menjalankan produk dan layanannya. Tak hanya itu, gangguan juga mengakibatkan penumpukan paket Amazon dan penundaan sesi prapenjualan tur penyanyi Adele.

“Di waktu yang sama AWS mengalami gangguan, pengguna mengalami masalah dengan aplikasi Tinder, Netflix, Coinbase,” tulis Downdetector, dikutip dari Fortune.com, Rabu (8/12).

Penyebab Gangguan Amazon

Bukan hanya layanan klien, bahkan produk Amazon juga terdampak gangguan AWS. Misal, asisten digital yang memanfaatkan sistem Alexa dan situs ritel daring Amazon.

Menurut laman status hosting milik AWS, ada masalah teknis yang akhirnya menginterupsi operasional pusat data perusahaan di Virginia Utara. Wilayah itu disebut sebagai AS-EAST-1.

“Masalah ini juga memengaruhi sejumlah alat pemantauan dan respons insiden kami—yang juga memperlambat kami dalam memberikan pembaruan,” tulis perwakilan perusahaan. “Kami telah mengidentifikasi akar masalahnya dan secara aktif sedang memproses pemulihan.”

Bukan yang Pertama Kali

Gangguan kemarin dan hari ini bukanlah yang pertama kali bagi layanan komputasi awan Amazon. Hal serupa telah terjadi beberapa bulan sebelumnya.

Ingat dengan tumbangnya semua aplikasi di bawah naungan Meta (Facebook) pada Oktober lalu? Ternyata, seminggu setelah fenomena itu, AWS turut mengalami masalah pemadaman dalam skala yang lebih kecil.

Menurut Downdetector, para pengguna AWS juga melaporkan gangguan pada 24 dan 29 November 2021.

Related Articles