BUSINESS

6 Strategi Jitu UMKM Promosikan Produk Lewat Pameran

Interaksi dengan pengunjung pameran sangat penting.

6 Strategi Jitu UMKM Promosikan Produk Lewat PameranPengunjung mengamati produk-produk mebel kualitas ekspor yang dijual pada pameran Obral Mebel Solo di salah satu pusat perbelanjaan di Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (4/7). (ANTARAFOTO/Maulana Surya)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

15 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu tulang punggung utama perekonomian Indonesia. Sektor ini terus mendapat dukungan pemerintah, salah satunya dengan menggencarkan Promosi produk UMKM melalui Pameran sehingga produknya bisa lebih dikenal. 

Pameran bisa jadi salah satu faktor yang mendukung kemajuan UMKM, bahkan bisa berdampak secara tak langsung bagi kemakmuran bangsa dan negara.

Oleh karena itu, keberadaan pameran bagi pengembangan dan kemajuan UMKM cukup penting. Mengutip cermati.com, berikut ini beberapa strategi yang bisa dilakukan UMKM dalam memaksimalkan promosi bahkan penjualan produk melalui pameran.

1. Buat perencanaan yang matang

Perencanaan merupakan tahapan awal yang harus dilakukan pebisnis untuk mendukung kesuksesan usahanya, termasuk ketika sebuah UMKM ikut ke dalam satu pameran. Pastikan perencanaan itu dilakukan jauh hari, sebelum event pameran dilaksanakan.

Pastikan pameran yang diikuti sesuai dengan target market bisnis Anda. Kemudian, ketahui tujuan apa yang ingin dicapai dari pameran tersebut–seperti peningkatan konversi penjualan, perluasan jaringan, atau sebatas penguatan jenama. Pada tahap ini, jangan lupa untuk merencanakan rincian biaya agar rencana bisnis yang Anda lakukan bisa berjalan lancar dan menghasilkan.

2. Siapkan konten promosi

Saat mengikuti sebuah pameran, Anda perlu menyiapkan konten promosi yang menarik perhatian dan menggaet sebanyak-banyaknya calon konsumen. Hal ini bisa dilakukan, misalnya dengan membuat logo dengan tampilan stand pameran yang lebih menonjol dilengkapi dengan informasi produk secara lengkap, jelas dan mudah dimengerti.

Anda juga perlu menyiapkan berbagai materi promo, seperti brosur, pamflet, banner, kartu nama, hingga spanduk dengan tampilan yang profesional. Siapkan juga sampel produk, agar pengunjung pameran mencoba langsung produk yang Anda tawarkan atau melakukan demonstrasi secara langsung agar pengunjung tertarik.