BUSINESS

6 Tips Memulai Bisnis Event Organizer

Event Organizer bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan.

6 Tips Memulai Bisnis Event OrganizerIlustrasi pesta ulang tahun. (Pixabay/profivideos)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

05 February 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Penyelenggaraan acara atau event offline kembali marak. Bisnis Event Organizer (EO) kembali menggeliar seiring berlangsungnya berbagai penyelenggaraan acara, usai sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. 

Menurut laman Betterteam, event organizer adalah orang yang bertanggung jawab merencanakan dan mengatur setiap aspek dalam sebuah acara. EO memainkan peran penting dalam keberhasilan perencanaan dan pelaksanaan berbagai acara, mulai dari konferensi perusahaan, pameran, pernikahan, hingga festival musik.

Oleh sebab itu, bisnis EO memberikan peluang seiring adanya kebutuhan masyarakat akan jasa EO untuk membantu mengelola atau mengorganisir sebuah acara dengan baik, demi kelancaran dan kesuksesan acara yang diselenggarakan.

Jasa EO biasanya akan mengelola proses pembuatan acara, mulai perencanaan hingga penyelenggaran acara, tergantung jenis acaranya. Secara umum, tugas dan bagian dari pekerjaan EO meliputi komunikasi dengan berbagai pihak yang mendukung sebuah acara, merencanakan konsep yang diinginkan penyelenggara, melakukan perekrutan vendor yang bekerja sama dalam acara, mengawasi kelancaran jalannya acara, hingga mengantisipasi jika terjadi kendala selama acara berlangsung,

Untuk memulai sebuah bisnis EO, menurut laman Kelas.work, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya. 

1. Tentukan jenis bisnis EO yang akan dijalani

Event organizerilustrasi event organizer (unsplash.com/icon8)

Bisnis EO memiliki banyak spesifikasi, seperti One Stop Service yang mampu merancang acara berskala besar dengan layanan tak terbatas; EO Musik atau hiburan; EO khusus Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE); Wedding Organizer; EO Office gathering; hingga EO berskala kecil seperti untuk acara ulang tahun atau acara privat.

Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya tentukan jenis EO yang akan Anda jalani. Hal ini perlu pemahaman yang mendalam berkenaan dengan pengalaman dan kemampuan perusahaan yang akan Anda dirikan.

Selain itu, minat Anda pada jenis acara bisa sangat membantu Anda untuk terus semangat di bisnis EO yang Anda jalankan.

2. Tentukan rencana bisnis

Konser musik di Jakarta Fair Kemayoran 2023.Konser musik di Jakarta Fair Kemayoran 2023. (jakartafair.co.id)