BUSINESS

6 Tips Sukses Jualan Online di Era New Creator Economy

Fokus mendapatkan perhatian dan kesadaran target pasar.

6 Tips Sukses Jualan Online di Era New Creator Economyilustrasi membuat konten shopee affiliate (pexels.com/RDNE Stock project)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

08 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sektor perdagangan berkembang pesat seiring kehadiran teknologi. Hal ini turut mengubah cara berdagang, perspektif hingga komoditas yang diperdagangkan. 

Digital expert sekaligus CEO & Founder Tribelio.com, Denny Santoso mengatakan bahwa perubahan mindset di tengah peralihan era digital sangatlah penting. Denny mendorong para pedagang untuk mau terus mencoba dan tidak terjebak dalam pola pikir yang menghambat, khususnya di era yang disebut New Creator Economy. Perubahan ini mendorong pelaku usaha lebih berfokus pada cara mendapat perhatian dan kesadaran target pasar, alih-alih fokus pada produk yang ingin dijual saja.

“Dalam ekosistem perdagangan online, baik melalui media sosial maupun platform eCommerce, penjual harus menjadi penggerak utama dalam mendatangkan traffic pelanggan. Oleh karena itu, penjual harus aktif dalam menciptakan konten, membangun jaringan sosial, dan berinteraksi dengan audiens mereka,” kata Denny dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Rabu (8/11).

Denny pun membagikan beberapa tips untuk bisa sukses dalam membangun mindset penjual online di era New Creator Economy. Berikut beberapa tips tersebut.

1. Hindari Chicken Mindset

Chicken mindset adalah pola pikir yang membuat Anda tahu apa yang harus dilakukan, namun sering kali terhambat oleh berbagai alasan. Menurut Denny, untuk mencapai kesuksesan, langkah pertama yang harus diambil adalah memulai tindakan. Seorang pebisnis harus berani mengambil risiko dan tidak takut gagal.

“Chicken Mindset, yang sering kali menghambat kesuksesan adalah sikap orang yang ingin sukses, tapi lebih banyak mengeluh dan selalu mencari alasan untuk tidak bertindak. Kuncinya adalah hadapi hambatan dan tidak menyerah pada pola pikir yang salah,” kata Denny.

2. Rajin dan konsisten membuat konten

Konsistensi dalam menciptakan konten berkualitas adalah kunci sukses di era New Creator Economy, terutama dalam membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Maka, penjual online harus konsisten dalam menciptakan konten untuk menarik calon pelanggan, sama seperti toko offline yang harus buka setiap hari.

Live streaming, menurut Denny, adalah salah satu cara efektif mendatangkan traffic ke toko online. Penjual online dapat membagikannya di berbagai platform untuk meningkatkan visibilitas produk mereka.

“Konten yang Anda produksi harus lebih dari sekadar iklan produk dan harga. Anda perlu menciptakan sebuah cerita yang menghubungkan pelanggan dengan produk,” ujarnya.