BUSINESS

Mengenal Asuransi Pengiriman Barang

Diperlukan untuk menjamin keamanan paket yang dikirim.

Mengenal Asuransi Pengiriman Barangilustrasi pengiriman paket (unsplash.com/rosebox)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Bisnis pengiriman barang saat ini cukup menjanjikan dan berkembang pesat seiring menjamurnya platform e-commerce. Bersamaan dengan itu, saat ini marak pula penawaran asuransi pengiriman barang untuk menjamin keamanan paket ketika sampai di tangan konsumen. Apakah itu? 

Asuransi pengiriman biasnaya diperlukan untuuk memastikan paket yang dikirimkan sampai dengan kondisi baik ke alamat tujuan setelah melewati beberapa proses pengiriman yaitu first mile, middle mile, dan last mile. Proses panjang tersebut memiliki risiko dan menimbulkan kekhawatiran bagi konsumen, karena risiko tertukar, hilang, atau rusak. Adanya asuransi pengiriman barang sangat membantu untuk melindungi keamanan paket.

Berikut ini, ulasan singkat mengenai asuransi pengiriman barang, dengan mengutip dari laman resmi SAP Express.

Pengertian

Asuransi pengiriman barang adalah salah satu bentuk jaminan terhadap paket yang dikirim berupa ganti rugi sesuai nilai barang, apabila selama proses pengiriman paket tersebut mengalami kerusakan, tertukar bahkan hilang.

Asuransi ini akan berguna, bila paket mengalami kerusakan, tertukar atau bahkan hilang. Pengirim tidak perlu merogoh kantong sendiri untuk ganti rugi. Dengan menggunakan asuransi barang, pengirim dan penerima tidak perlu khawatir lagi terhadap paketnya, terutama untuk barang berharga seperti elektronik dan barang-barang bernilai yang tinggi.

Jenis

Terdapat beberapa jenis asuransi pengiriman barang, seperti:

  1. Asuransi Pengiriman Barang via Laut
    Pengiriman laut disebut juga marine cargo dan asuransi yang berlaku pada sektor ini adalah jaminan perlindungan paket yang dikirimkan melalui laut yang memungkinkan selama perjalanan terjadi goncangan ataupun badai. Hal ini karena resiko yang lebih besar darippada pengiriman udara dan laut.
  2. Asuransi Pengiriman Barang via Darat
    Asuransi ini adalah jaminan kerugian ketika dalam proses pengiriman darat terjadi kerusakaan maupun kehilangan paket kiriman. Pengiriman melalui darat juga rentan dengan kerusakan, terutama barang pecah belah dan barang yang mudah kadaluarsa.
  3. Asuransi Pengiriman Barang via Udara
    Asuransi pengiriman udara merupakan jaminan pengiriman barang apabila terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman melalui udara. Insiden pengiriman barang melalui udara memang sangat minim namun resiko terjadinya kerusakan atau tertukarnya barang merupakan insiden yang kerap terjadi.