BUSINESS

Riset: Konsumen Indonesia Memilih Jenama Lokal Jadi Preferensi Belanja

Didukung masifnya potensi ekonomi kreator di Asia Pasifik.

Riset: Konsumen Indonesia Memilih Jenama Lokal Jadi Preferensi BelanjaIlustrasi belanja online. (Pixabay/Preis_King)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Selepas masa pembatasan pandemi Covid-19, konsumen Indonesia lebih memilih jenama lokal sebagai preferensi belanja.

Perusahaan analisis tren bisnis, WGSN, dalam riset ‘Asia: Markets to Watch 2023’ melaporkan, konsumen Indonesia tengah memasuki tren hyperlocalism. Hal ini sejalan dengan ketahanan ekonomi Indonesia yang mencatatkan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 5,31 persen pada 2022.

Asia-Pacific Consultant WGSN, Anya Suhardi, mengatakan hyperlocalism akan membuka peluang bagi merek dalam negeri untuk saling berkolaborasi menciptakan produk yang memiliki nilai warisan budaya. “Inisiatif tersebut juga didukung oleh potensi ekonomi kreator yang masif di kawasan Asia Pasifik dengan nilai belanja US$1 triliun (setara dengan sekitar Rp15 kuadriliun),” katanya melalui keterangan resmi dikutip Kamis (8/6).

Pertumbuhan ekonomi

Ilustrasi pertumbuhan ekonomiIlustrasi pertumbuhan ekonomi (unsplash.com/Markus Spiske)

Seiring perkembangan industri e-commerce yang masif, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia. “Sudah menjadi hal biasa bagi brand untuk bekerja sama dengan content creator guna meningkatkan penjualan dan visibiltas merek, terutama untuk konsumen berusia muda yang menunjukkan preferensi berbelanja produk lokal,” ujarnya.

Meskipun kawasan Asia Pasifik sudah memasuki era pascapandemi, tingginya kenaikan inflasi dan suku bunga tetap memicu kekhawatiran masyarakat mengenai kenaikan biaya hidup. Oleh karena itu, banyak konsumen yang semakin cermat dalam menentukan preferensi berbelanjanya agar sesuai dengan keinginan mereka di tengah tantangan ekonomi saat ini.

Tuntutan pekerjaan

live streming YouTube dengan menggunakan perangkat kamerailustrasi live streaming YouTube (pexels.com/Los Muertos Crew)