BUSINESS

Transaksi Tahunan Aplikasi DANA Tumbuh 272% di Sepanjang 2023

Investasi dan asuransi jadi produk finansial unggulan DANA.

Transaksi Tahunan Aplikasi DANA Tumbuh 272% di Sepanjang 2023Media Gathering DANA, Selasa (30/1). (dok. DANA)

by Bayu Pratomo Herjuno Satito

30 January 2024

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perusahaan teknologi e-wallet, DANA, mencatatkan peningkatan Transaksi tahunan sebesar 272 persen dan pertumbuhan fitur pengiriman uang sebesar 147 persen sepanjang 2023.

VP Product of DANA, Adri Awwal, mengatakan, jumlah pengguna DANA di tahun 2023 juga meningkat 23 persen secara tahunan, mencapai 170 juta pengguna. “Angka-angka ini tidak hanya menunjukkan antusiasme para pengguna terhadap fitur yang kami hadirkan, tapi juga menggambarkan terpenuhinya gaya hidup finansial para pengguna dari layanan yang DANA tawarkan,” katanya dalam media gathering di kantor DANA, Selasa (30/1).

Menurutnya, DANA berfokus menjadi dompet digital dengan kemudahan layanan dan keamanan transaksi, peningkatan digitalisasi UMKM di Indonesia, serta turut menyukseskan interkonektivitas sistem pembayaran antarnegara. Ia berharap kepercayaan para pengguna pun bisa meningkat, melalui berbagai inovasi yang ditawarkan.

Adri mengatakan, DANA juga menorehkan sejarahnya sebagai dompet digital pertama yang menjadi peserta peluncuran implementasikan perdana QR Cross Border di tiga negara, yaitu Thailand, Malaysia, Singapura. Implementasi ini menjadi wujud kontribusi DANA dalam meningkatkan inklusi keuangan–sesuai arahan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 dari Bank Indonesia–serta menjadi katalisator bagi pertumbuhan ekonomi digital di ASEAN.

Investasi dan asuransi

Ivan Kusuma, Head of Investment and Insurance DANA Indonesia.Ivan Kusuma, Head of Investment and Insurance DANA Indonesia. (dok. DANA)

Sementara, Head of Investment and Insurance DANA Indonesia, Ivan Kusuma, mengungkapkan  dua layanan DANA telah unggulan di bidang finansial adalah investasi dan asuransi. “DANA Siaga untuk asuransi, DANA eMAS dan DANA Goals untuk investasi terus kami kembangkan demi memberikan produk asuransi dan investasi yang aman dan mudah dimiliki pengguna,” katanya.

Hal itu juga menurutnya diikuti dengan pertumbuhan pada layanan keuangan digital, seperti DANA Siaga yang melonjak hingga sembilan kali lipat. Hal ini memperkuat posisi DANA sebagai dompet digital pilihan masyarakat.

Strategi 2024

VP Product of DANA, Adri Awwal.VP Product of DANA, Adri Awwal. (dok. DANA)

Related Topics