BUSINESS

Daftar 5 Perusahaan Consumer Goods Terkemuka di Indonesia

Kekuatan brand sudah menguasai masyarakat luas.

Daftar 5 Perusahaan Consumer Goods Terkemuka di IndonesiaShutterstock/Rahmah Hastuti

by Bonardo Wahono

05 August 2021

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, Fortune - Firma riset pasar Kantar merilis “Brand Footprint” 2021 khusus untuk pasar Indonesia pada Juni, dan menyibak jenama terpilih di tanah air pada sektor fast-moving consumer goods atau FMCG.

Dalam daftar yang dikeluarkan, ada 10 brand teratas yang paling banyak dipilih oleh para responden yang mencakup 97 persen rumah tangga mewakili 68 juta rumah tangga di Indonesia.

Lis yang merangkum 2020 dalam tabel itu menunjukkan nama-nama yang tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, sepanjang tahun lalu, lebih banyak konsumen menghabiskan waktu di rumah karena pandemi dan terobsesi dengan kebersihan diri. Karenanya, brand-brand yang berada dalam daftar 10 teratas berkenaan dengan makanan kemasan dan produk kebersihan.

Secara berurutan dari peringkat pertama hingga kesepuluh, berikut sejumlah jenama tersebut: Indomie, So Klin, Mie Sedaap, Royco, Roma, Kapal Api, Masako, Lifebuoy, Frisian Flag, dan Sunlight.

Pemeringkatan tersebut menegaskan pula dominasi sejumlah produsen barang konsumen besar yang selama bertahun-tahun memasok berbagai lapisan konsumen. Di Indonesia, perusahaan-perusahaan ini sudah punya nama besar. Berikut lima yang terkemuka:

Indofood

Ilustrasi IndofoodShutterstock/Postmodern Studio

Berkat Indomie, perusahaan yang didirikan oleh Sudono Salim pada 1990 ini jadi masyhur di Indonesia dan mancanegara.

Perusahaan ini tidak sekadar menghasilkan mi instan. Indofood, yang sejak 1994 bersalin nama dari PT Panganjaya Intikusuma menjadi PT Indofood Sukses Makmur, mengeluarkan produk olahan susu, makanan ringan, bumbu penyedap, makanan bayi, juga minuman.

Pada saat IPO, harga sahamnya Rp6.200 per lembar. Dalam setahun terakhir, harga terendahnya Rp5.750 dan harga tertingginya Rp8.000.

Grup Wings

Salah satu produk Grup Wings yang terkenal, sabun NuvoShutterstock/Syahrilnggilu