BUSINESS

Dukung SDM di Dunia Digital, GIF Luncurkan Sertifikasi Karier GoTo

Kolaborasi GoTo Impact Foundation dan Rakamin Academy.

Dukung SDM di Dunia Digital, GIF Luncurkan Sertifikasi Karier GoToSertifikasi karier Goto/Dok. Goto impact foundation

by Desy Yuliastuti

27 September 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  GoTo Impact Foundation (GIF) meluncurkan program Sertifikasi Karier GoTo. Berkolaborasi dengan Rakamin Academy, program sertifikasi ini memberikan kesempatan bagi generasi muda pencari kerja untuk bertransformasi menjadi praktisi digital yang profesional, andal, dan sesuai kebutuhan industri di Indonesia.

Indonesia memiliki jumlah angkatan kerja sebesar 70 persen dari total populasi. Namun, mengacu pada data Badan Pusat Statistik tahun 2023, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,99 juta orang. Walaupun angka pengangguran berkurang dari tahun sebelumnya, Indonesia masih bertengger di peringkat kedua dari sebelas negara ASEAN dengan tingkat pengangguran tertinggi, menurut data yang dihimpun oleh Trading Economics.

Chairperson GoTo Impact Foundation, Monica Oudang, mengatakan di Indonesia pemerataan SDM dunia digital masih menjadi persoalan. Karenanya perlu perhatian dari seluruh elemen masyarakat menuju Indonesia Emas 2045. 

“GIF menyadari akan pentingnya peningkatan kompetensi digital untuk membantu ciptakan talenta berdaya saing tinggi yang siap menghadapi masa depan. Program Sertifikasi Karier GoTo bertujuan meningkatkan jumlah angkatan kerja produktif yang mahir digital”, ujarnya.

Program pelatihan hingga sertifikas

Sertifikasi Karier GoTo adalah program pelatihan intensif yang praktis, berorientasi pada lanskap digital terkini, dan distandarisasi oleh industri. Tahun ini, program ini menawarkan pelatihan Digital Marketing dan E-commerce yang dilengkapi sertifikat profesional dari GoTo.

Selain itu, ada bimbingan langsung oleh praktisi, portfolio kerja melalui pengalaman magang virtual di perusahaan ternama, hingga bantuan penyaluran ke berbagai mitra penyedia kerja untuk memperluas peluang dalam mendapat pekerjaan. 

CEO Rakamin Academy, Andika Deni Prasetya, menyampaikan pihaknya ingin turut berkontribusi sebagai jembatan antara industri dan pencari kerja serta berkontribusi pada pengembangan talenta Indonesia yang kritis dan tangguh. 

“Sertifikasi Karier GoTo menawarkan pelatihan intensif yang didesain oleh para ahli guna memperbesar peluang kerja dan meningkatkan kemampuan pada lingkungan bisnis yang dinamis,” ujarnya.

Menggandeng praktisi di digital marketing dan e-commerce

Selama dua bulan, para peserta akan mendapatkan 12 modul pelatihan dari praktisi di bidang digital marketing dan e-commerce dari GoTo serta perusahaan lain. Modul tersebut meliputi praktik yang mendalam dengan real case dari industri, dan project-based internship secara virtual di perusahaan ternama.

Untuk memastikan bahwa para peserta program bisa langsung mendapatkan pekerjaan, peserta mendapatkan layanan bimbingan karier dan konseling untuk mencari pekerjaan seperti tes minat dan bakat, pembuatan CV, public speaking, personal branding, dan simulasi wawancara kerja. Selepas program, peserta juga akan dibantu disalurkan melalui mitra rekrutmen program ini, yaitu karir.com, Atma, Jobstreet, Glints, dan KitaLulus.

Salah satu mentor, Dian Anggraeni Mardianti, yang juga merupakan Internet Marketing Lead di Tokopedia menyampaikan apresiasi akan perannya di Sertifikasi Karier GoTo. 

“Dalam enam tahun berkarier, saya banyak terlibat dalam program pelatihan digital serupa. Namun seringkali pelatihan hanya mendukung aspek hard skill tanpa meliputi kompetensi lain yang berorientasi pada lanskap teknologi terkini sesuai kebutuhan industri. Saya harap program ini benar-benar mampu menyiapkan praktisi digital yang siap terjun ke  industri,” katanya.