BUSINESS

Produk FMCG Lokal Berjaya di Festival Belanja Lazada 11.11

Kategori household, personal care, dan beauty diburu.

Produk FMCG Lokal Berjaya di Festival Belanja Lazada 11.11Frontliner Lazada Logistics. Lazada.

by Desy Yuliastuti

17 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Lazada Festival Belanja 11.11, yang berlangsung dari 11 hingga 15 November 2023, mencatat tren positif dalam minat pembelian kategori Fast-Moving Consumer Goods (FMCG). Kenaikan pembelian ini di antaranya pada produk household, personal care, dan beauty dari jenama lokal Indonesia.

Kategori tersebut mengalami pertumbuhan signifikan yang mencerminkan dukungan yang kuat dari konsumen terhadap produk-produk lokal asli Indonesia. Category Director, LazMall FMCG, Lazada Indonesia, Lia Kurtz, mengatakan pada festival belanja 11.11 tahun ini produk-produk lokal Indonesia semakin diminati.

"Kategori FMCG tetap menjadi kategori yang selalu dicari masyarakat secara daring dan selalu tumbuh sejak pandemi hingga saat ini," ujarnya dalam keterangan pers, Jumat (17/11).

Festival Belanja Lazada 11.11 juga menampilkan daya tarik produk kategori FMCG lokal Indonesia semakin menguat dan masyarakat mencari produk-produk berkualitas yang ada di platform.

Kategori beauty mengalami peningkatan signifikan

Pada hari pertama Lazada Festival Belanja 11.11, kategori beauty mencatat peningkatan yang luar biasa dibandingkan dengan festival sebelumnya. Somethinc, salah satu beauty brand lokal Indonesia tumbuh pesat di hari pertama dibandingkan dengan total penjualan lima hari pada festival belanja Lazada 9.9 yang lalu.

Konsumen juga menunjukkan minat yang tinggi pada sunscreen dari beauty brand lokal seperti Azarine, Facetology, dan Emina. Khususnya, brand Facetology mencatat peningkatan penjualan sunscreen di hari pertama 11.11 sebanyak dua kali lipat ketimbang penjualan selama periode festival belanja sebelumnya.

Produk skin care pria juga mencuri perhatian konsumen di kanal LazBeauty, terutama dari brand Kahf, yang menjadi salah satu yang paling diminati. Tiga produk utama yang paling dicari antara lain adalah face wash & scrub, sunscreen, dan fragrance.

Kategori FMCG, pertumbuhan positif di kategori household

Pada kategori produk household, Lazada Festival Belanja 11.11 mencatat peningkatan serupa. Penjualan WINGS Group untuk kategori produk household meningkat 30 persen, dengan deterjen DAIA mencatat pertumbuhan hampir 100 persen.

Top 10 item household dari WINGS Group tumbuh 20 persen, sementara permintaan untuk produk lokal household meningkat pesat dengan Mama Lemon, Rapika, Sosoft, dan Supersol yang mengalami pertumbuhan tiga digit.

Hal tersebut juga terlihat pada peningkatan traffic kunjungan yang signifikan, memberikan dukungan tambahan bagi produk-produk lokal seperti pada produk Laundry Supplies yang turut meningkat dengan DAIA dan Soklin yang memimpin kategori tersebut.

Related Topics