BUSINESS

Telkomsel Gandeng AWS untuk Percepatan Strategi Transformasi Digital

AWS dan Telkomsel kembangkan Cloud Center of Excellence.

Telkomsel Gandeng AWS untuk Percepatan Strategi Transformasi DigitalDok. Amazon Web Services (AWS)

by Desy Yuliastuti

04 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Amazon Web Services (AWS) menjalin kemitraan strategis dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) untuk meningkatkan fleksibilitas TI perusahaan, mendorong efisiensi operasional, dan mempercepat peluncuran layanan pelanggan baru yang inovatif.

Sebagai bagian dari transformasi digitalnya, Telkomsel akan memigrasikan berbagai aplikasi TI ke AWS, termasuk kanal pelanggan di front end, Telkomsel Gaming Store Front, middleware, hingga machine learning

Migrasi ini akan membantu Telkomsel meningkatkan pengalaman pengguna dengan menawarkan layanan baru kepada lebih dari 153 juta pelanggannya. Hal ini menjadi sangat penting mengingat Indonesia mencatatkan pertumbuhan pengguna smartphone tercepat di dunia. 

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, mengatakan dengan memanfaatkan teknologi cloud computing unggulan AWS akan membuka semua peluang masa depan untuk perusahaan.

"Berkolaborasi dengan AWS Asia Pacific (Jakarta) Region, telah memastikan bahwa data kami dilindungi berbagai langkah sistem keamanan yang andal dan membantu kami dalam kepatuhan terhadap regulasi di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan pers, dikutip Kamis (5/10).

AWS Skills Guild untuk pengembangan SDM

Managing Director AWS di ASEAN, Conor McNamara, menyambut baik kolaborasi ini, sekaligus memperkenalkan budaya inovasi perusahaan dari Amazon dan juga program AWS Skills Guild kepada Telkomsel.

“Kami percaya bahwa Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pemimpin ekonomi digital, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan organisasi-organisasi inovatif lainnya seperti Telkomsel untuk mewujudkan ambisi ini,” ujarnya.

Kerja sama ini juga menjadikan Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi pertama di Indonesia yang menggunakan AWS Skills Guild, sebuah program pemberdayaan kecakapan yang komprehensif guna membangun keterampilan cloud di seluruh organisasi.

Mengembangkan Cloud Center of Excellence (CCOE)

AWS dan Telkomsel juga telah mengembangkan Cloud Center of Excellence (CCOE) untuk karyawan Telkomsel yang mencakup program keterampilan pelatihan digital yang komprehensif. Pelatihan untuk transformasi cloud perusahaan dijalankan sebagai bagian dari Telkomsel Cloud Academy dan mencakup berbagai materi cloud, termasuk ML dan AI. 

Sejak tahun 2021, lebih dari 1.000 peserta telah mengikuti berbagai inisiatif peningkatan kecakapan dan pelatihan ulang AWS, sehingga tim pun dimampukan untuk berkolaborasi sejak tahap awal transformasi digital perusahaan dan langsung berfokus mendorong inovasi alih-alih terpaku mengelola infrastruktur.

"Dengan kekuatan cloud services komprehensif yang terbaik di dunia dari AWS, kami sedang memodernisasi berbagai aplikasi perusahaan, menciptakan model operasi baru menuju DevSecOps, dan meningkatkan keterampilan sumber daya manusia kami untuk mendorong transformasi sebagai bagian dari Cloud Center of Excellence,” kata Direktur IT Telkomsel, Bharat Alva.

Dia menambahkan, langkah ini juga untuk mempercepat transformasi digital, mendorong Telkomsel ke masa depan konektivitas, inovasi, dan pengalaman pelanggan terbaik.

Related Topics