BUSINESS

Penjualan Sepeda Motor Q1 Turun, AISI: Terpengaruh Daya Beli

Penurunan mencapai 4,87 persen secara tahunan.

Penjualan Sepeda Motor Q1 Turun, AISI: Terpengaruh Daya BeliSekretaris Jenderal Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia Hari Budianto saat ditemui di Kementerian Perindustrian, Selasa (16/4). Eko Wahyudi/FORTUNE Indonesia
16 April 2024

Fortune Recap

  • Penjualan sepeda motor Indonesia turun 4,87% menjadi 1,73 juta unit selama tiga bulan pertama 2024.
  • Penurunan disebabkan oleh melemahnya daya beli masyarakat Indonesia, namun tidak sebesar penjualan mobil.
  • AISI berfokus pada strategi penjualan dan tidak akan menaikkan harga meskipun pelemahan rupiah terhadap dolar AS.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) melaporkan Penjualan Sepeda Motor hingga tiga bulan pertama 2024 mencapai 1,73 juta unit. Raihan ini turun 4,87 persen secara tahunan dibandingkan denngan periode sama tahun lalu yang mencapai 1,82 juta unit.

Sekretaris Jenderal AISI, Hari Budianto, mengatakan penurunan itu terjadi karena daya beli masyarakat Indonesia memang tengah menurun.

“Kemarin ada penurunan, tapi tidak sedalam penjualan roda empat,” kata dia saat ditemui di Jakarta, Selasa (16/4).

Penjualan roda dua, kata Hari, memang sangat dipengaruhi oleh tingkat daya beli masyarakat dibandingkan dengan sentimen lainnya. Sehingga pihaknya lebih menyoroti apa yang menjadi penyebab daya beli masyarakat saat ini merosot.

AISI pun tak berencana untuk menaikkan harga jual dari sepeda motor kendati tengah terjadi pelemahan rupiah terhadap dolar AS. AISI akan berfokus menyiapkan strategi untuk mencapai target penjualan sampai akhir 2024.

“Mei akan ada rapat bersama anggota kita dan akan lakukan kajian untuk melihat proyeksi dari yang pernah ditetapkan sebelumnya,” ujarnya.

Related Topics