BUSINESS

Varian Pedas Dominasi Pasar Mi Instan, Mie Sedaap Rilis Produk Baru

Varian pedas dominasi pasar mi instan di Indonesia.

Varian Pedas Dominasi Pasar Mi Instan, Mie Sedaap Rilis Produk BaruMie Sedaap luncurkan varian terbaru di Soundrenaline 2023.(Doc: Wings Food)

by Hendra Friana

04 September 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Wings Food meluncurkan varian baru Mie Sedaap Rawit Bingit Rasa Ayam Jerit pada gelaran Soundrenaline 2023. Senior Brand Manager Mie Sedaap, Jimmy, mengatakan varian ini hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang gemar menambahkan cabai rawit saat mengonsumsi mi instan.

Ketertarikan yang besar dalam mengonsumsi makanan pedas di Indonesia, menurut Jimmy, terekam dalam data Nielsen yang menunjukkan mi instan dengan varian pedas mendominasi 14,4 persen dari total konsumsi mi instan di Indonesia pada 2023.

Angka tersebut tumbuh 6,7 persen dibandingkan dengan 2022.

"Kami sangat antusias memperkenalkan Mie Sedaap Rawit Bingit Rasa Ayam Jerit untuk memanjakan lidah para pecinta makanan pedas," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Fortune Indonesia, dikutip Senin (4/9).

Peluncuran varian baru tersebut di Soundrenaline 2023, menurut Jimmy, didasarkan pada kesamaan visi dalam menyuguhkan momen spesial kepada pelanggan. 

"Soundrenaline menghadirkan guest star yang tidak bisa ditemukan di festival musik lainnya. Pada saat bersamaan di Soundrenaline, Mie Sedaap juga menghadirkan varian terbaru, satu-satunya di Indonesia yang tidak akan ditemukan pada produk lainnya, yaitu mi dengan cabai rawit asli,” ujar Jimmy, sembari menambahkan bahwa tahun sebelumnya, pengenalan produk-produk varian baru Mie Sedaap juga dilakukan di Soundrenaline. 

Pasar mi instan Indonesia

Pasar mi instan yang menjanjikan di Indonesia memang membuat banyak produk terus berkreasi dengan varian-varian terbarunya. Selain varian pedas, sebelumnya Wings juga meluncurkan Mie Sedaap Baked untuk menjawab menjawab kebutuhan konsumen yang kian peduli dengan gaya hidup seimbang.

Sama seperti varian Rawit Bingit Rasa Ayam Jerit, produk baru tanpa tambahan MSG dan pewarna buatan tersebut juga meramaikan pasar mi instan "sehat" yang mulai muncul usai pandemi Covid-19.

Ini sejalan dengan Data World Instant Noodles Association (WINA), yang menunjukkan tingginya konsumsi mi instan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, terutama sejak Covid merebak. Pada 2022, konsumsi mi instan Indonesia mencapai 14,26 juta bungkus, lebih tinggi 7,46 persen ketimbang 2021 (YoY) yang mencapai 13,27 juta bungkus. Pada 2020, jumlah konsumsi mi instan tumbuh 0,95 persen (YoY). Sementara itu, pada 2019, konsumsi mi instan mencapai 12,52 juta bungkus. 

Dengan capaian pada 2022, konsumsi mi instan Indonesia—sejak 2014—mencapai rekor tertingginya. Indonesia pun menjadi pengonsumsi mi instan terbesar kedua dunia setelah Cina. Jika dibandingkan dengan total konsumsi mi instan global yang mencapai 121,2 miliar porsi pada 2022, konsumsi mi instan Indonesia menyentuh persentase 11,76 perse .

Untuk lebih mendekatkan produk baru varian pedas ke konsumennya, Wings Food juga menghadirkan On-Fire Corner pada gelaran Soundrenaline. Para pengunjung dapat mencoba Mie Sedaap Rawit Bingit Ayam Jerit dan menyuguhkan penampilan kejutan dari Rahmania Astrini dan Eclat di booth mereka.