Comscore Tracker
BUSINESS

Super Air Jet Buka Rute Perdana Jakarta-Palembang Rp367 Ribu

Penerbangan menggunakan Airbus 320-200 kapasitas 180 kursi.

Super Air Jet Buka Rute Perdana Jakarta-Palembang Rp367 RibuDok. Super Air Jet

by Hendra Friana

Jakarta, FORTUNE - Maskapai Super Air Jet mengumumkan pembukaan rute perdananya untuk penerbangan domestik. Pekan ini, pemain baru di industri transportasi udara itu resmi membuka rute penerbangan Jakarta-Palembang dan Palembang-Jakarta dengan tarif Rp367 ribu untuk sekali perjalanan.

Corporate Communication Super Air Jet, Carolina Lestari Sirait, mengatakan layanan penerbangan tersebut akan menggunakan pesawat Airbus 320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi. Seluruh operasional di dalam pesawat akan dijalankan berdasarkan ketentuan protokol kesehatan yang ketat.

"Penerbangan perdana Jakarta ke Palembang PP berjalan sesuai jadwal dan memenuhi aspek standar operasional keselamatan, keamanan dan kenyamanan perjalanan udara," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (20/9).

Waktu tempuh Jakarta ke Palembang dan Palembang ke Jakarta relatif singkat yakni berkisar 55 menit. "Super Air Jet beroperasi dengan frekuensi terbang satu kali setiap hari, yang dilayani pergi pulang (PP)," imbuhnya.

Dari Jakarta, penerbangan baru tersedia dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), sedangkan di Palembang bandara yang jadi titik awal dan akhir keberangkatan adalah Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM). Adapun jadwal penerbangan perdana tersebut sebagai berikut:

1. Jakarta ke Palembang | No. Terbang IU-872 | Berangkat pukul 12.00 | Tiba pukul 13.05

2. Palembang ke Jakarta | No. Terbang IU-873 | Berangkat pukul 13.45 | Tiba pukul 15.55 

Alasan Pemilihan Rute Perdana

Carolina menjelaskan, pemilihan Palembang sebagai tujuan perdana penerbangan Super Air Jet salah satunya adalah tingginya trafik dan mobilitas. 

Jaringan ini, kata dia, dikenal sebagai salah satu rute paling ramai dengan tren pasar kategori kalangan muda (millennial) yang terus tumbuh. Palembang adalah destinasi favorit ketiga setelah Medan dan Batam.

"Super Air Jet sangat memahami kebutuhan penerbangan dalam menjawab tantangan pasar saat ini. Oleh karena itu, penerbangan perdana dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dinilai sangat tepat," jelasnya.

Tak hanya tiket murah, maskapai juga memberikan layanan cuma-cuma bagasi dengan berat 20kg. Ini diharapkan dapat mengakomodasi barang bawaan atau bagasi di setiap penerbangan. 

Ada pula layanan Super Entertainment berupa hiburan gratis yang diakses dari handphone. Dengan layanan ini, penumpang dapat menonton film sepuasnya, main games, baca e-magazine, cari referensi lifestyle, hingga mengikuti podcast dan konten menarik lainnya.

Related Articles