BUSINESS

Butuh Uang? Begini Cara Pinjam Uang di Bank BRI, Mudah!

Cara bagi yang membutuhkan dana cepat

Butuh Uang? Begini Cara Pinjam Uang di Bank BRI, Mudah!Ilustrasi Bank BRI (Wikimedia Commons/Midori)

by Muhammad Jordy Prayoga

28 November 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Meminjam uang di kala sedang mengalami keadaan mendesak adalah pilihan yang harus Anda ambil. 

Untuk jumlah yang terbilang besar, misalnya lebih dari Rp10 juta, tidak semua orang bisa membantu Anda meminjamkan sebesar nominal tersebut.

Maka dari itu, meminjam dari bank menjadi alternatif terbaik yang bisa Anda pilih. Salah satu bank yang menawarkan pinjaman dengan proses pengajuan yang mudah dan cepat, suku bunga yang kompetitif, serta tenor yang panjang adalah BRI.

BRI merupakan bank BUMN yang telah melayani nasabah selama lebih dari satu abad. Selama itu, BRI telah memberikan berbagai jenis pinjaman kepada nasabahnya, seperti kredit usaha rakyat (KUR), kredit konsumtif, dan kredit investasi.

Simak cara Pinjam Uang di bank BRI berikut ini, dijamin mudah!

Syarat pinjam uang di bank BRI

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya jika Anda mampu memenuhi syarat peminjamannya, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Fotokopi Buku Tabungan BRI
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  5. Surat rekomendasi dari atasan debitur
  6. Formulir permohonan pengajuan pinjaman
  7. Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 75 tahun
  8. Pas foto suami/istri (bagi yang sudah menikah) untuk pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah
  9. SK asli pengangkatan pertama dan terakhir sebagai karyawan diperlukan untuk pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah
  10. Bukti penghasilan dapat berupa slip gaji, surat keterangan usaha, laporan keuangan, atau dokumen lain yang dapat membuktikan penghasilan pemohon.

Cara pinjam uang di bank BRI

Berikut adalah langkah-langkah pengajuan pinjaman di BRI.

1. Datang ke kantor BRI dan pilih jenis pinjaman

Silakan datang ke kantor BRI sesuai dengan yang ada di KTP Anda. Lalu, isi formulir dan jenis pengajuan pinjaman. BRI menawarkan berbagai jenis pinjaman, seperti kredit usaha rakyat (KUR), kredit investasi, dan lainnya.

2. Lengkapi semua persyaratan

Bawa semua persyaratan yang dibutuhkan, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, seperti KTP, KK, dan sebagainya. Dokumen persyaratan yang dibutuhkan berbeda-beda untuk setiap jenis pinjaman. 

Misalnya, untuk pinjaman KUR mikro, dokumen yang diperlukan adalah KTP, KK, SK asli pengangkatan pertama dan terakhir sebagai karyawan, serta bukti penghasilan atau slip gaji. Dalam proses ini, Anda akan diarahkan oleh pihak BRI.

3. Pemrosesan pengajuan pinjaman

Dalam tahap ini, pihak bank akan memeriksa semua dokumen dan kelengkapan syarat Anda, termasuk melakukan survei ke rumah Anda. Jika proses ini lolos, Anda akan masuk ke tahap berikutnya.

4. Persetujuan pinjaman

Apabila Anda dianggap memenuhi syarat untuk pengajuan pinjaman, Bank BRI akan menyetujui kredit yang diajukan. Proses persetujuan pinjaman ini biasanya memakan waktu maksimal 7 hari kerja.

5. Tanda Tangan Kontrak

Jika pinjaman Anda disetujui, Anda harus menandatangani kontrak perjanjian kredit pinjaman bersama BRI. 

Kontrak perjanjian kredit pinjaman tersebut berisi informasi tentang jumlah pinjaman, suku bunga, tenor, dan biaya-biaya yang harus dibayarkan.

6. Pencairan dana pinjaman

Setelah kontrak perjanjian kredit pinjaman ditandatangani, BRI akan mencairkan dana pinjaman ke rekening Anda dengan nominal yang telah disetujui.

Untuk diingat, sebelum mengajukan pinjaman uang di BRI, hitung kemampuan bayar Anda terlebih dahulu. 

Pastikan Anda mampu membayar cicilan pinjaman secara rutin. Jika tidak, jaminan yang Anda ajukan tidak akan bisa kembali. 

Silakan gunakan fitur yang ada di website BRI melalui www.bri.co.id/simulasi-keuangan untuk menghitung kemampuan bayar Anda.

Di sana, ada simulasi jumlah pinjaman dengan jangka waktu pinjaman yang dapat diatur sesuai kebutuhan Anda, lalu estimasi angsuran yang harus Anda bayarkan akan muncul.

Demikianlah pembahasan mengenai cara pinjam uang di bank BRI beserta syarat yang harus dipenuhi, semoga bisa menjadi panduan yang tepat untuk Anda ketika ingin meminjam uang di BRI!