BUSINESS

Makin Ekspansif, Pelita Air Buka Rute ke Pontianak dan Tambah Armada

Targetkan 18 unit armada pesawat di akhir 2023.

Makin Ekspansif, Pelita Air Buka Rute ke Pontianak dan Tambah ArmadaIlustrasi : pesawat milik Pelita Air. (Dok. Pertamina)

by Suheriadi

20 July 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Maskapai Pelita Air semakin ekspansif dalam bisnis dengan membuka rute baru hingga menambah armada pesawat. Terbaru, pihaknya membuka rute penerbangan perdana dari Jakarta menuju Pontianak. 

Hal ini menjadi rute ke-8 yang dibuka oleh maskapai yang menjadi anak usaha dari Pertamina, sejak penerbangan pertamanya pada tahun 2022. Pemilihan Pontianak sebagai tujuan bukan tanpa alasan. Selain permintaan pasar, kota ini yang terletak di provinsi Kalimantan Barat memiliki potensi wisata alam yang melimpah. 

Direktur Utama Pelita Air, Dendy Kurniawan berharap pembukaan rute penerbangan baru ini akan memberikan dorongan bagi sektor pariwisata dan memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat setempat.  

"Kehadiran Pelita Air di Pontianak diharapkan dapat menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan bisnis maupun wisata ke kota ini," kata Dendy melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Kamis (20/7). 

Miliki potensi tinggi, rute Jakarta-Pontianak hadir setiap hari

Peluncuran rute Jakarta-Pontianak dari Pelita Air/Dok Pelita Air

Sebagai Ibu kota Kalimantan Barat, pihaknya menilai rute ini memiliki potensi pasar yang tinggi serta ramai peminat untuk kebutuhan wisatawan kekinian. Oleh karena itu Pelita Air hadir untuk melayani penerbangan Jakarta Pontianak Jakarta dengan frekuensi terbang 7 kali dalam sepekan atau 1 kali setiap hari.  

Pada penerbangan perdana Pelita Air Jakarta – Pontianak menggunakan Airbus A320 dengan kapasitas 180 kursi. Untuk kelas ekonomi dengan harga mulai dari Rp 949 ribu dengan meal on board, inflight entertainment dan gratis bagasi 20 kilogram.

Targetkan 18 unit armada pesawat di akhir 2023

Sejumlah pesawat Pelita Air di Bandara Pondok Cabe.Sejumlah pesawat Pelita Air di Bandara Pondok Cabe. (Dok. Pelita Air)