BUSINESS

Penumpang Pesawat Meningkat, Pelita Air Terus Tambah Armada

Pelita Air bakal tambah rute penerbangan.

Penumpang Pesawat Meningkat, Pelita Air Terus Tambah ArmadaIlustrasi : pesawat milik Pelita Air. (Dok. Pertamina)

by Suheriadi

25 October 2023

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Frekuensi penerbangan  untuk tujuan domestik di Indonesia terus mengalami pertumbuhan seiring dengan pemulihan ekonomi dan pariwisata nasional. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah penumpang angkutan udara domestik mencapai 6 juta orang atau tumbuh 9,11 persen pada Juli 2023. Angka tersebut masih tumbuh 9,11 persen dibandingkan posisi Juni 2023. 

Untuk mengambil potensi tersebut, PT Pelita Air Service (Pelita Air) kembali menambah armada baru pesawat jenis Airbus A320. "Pesawat ini adalah pesawat ke-9 dari 11 yang sudah dipesan untuk tahun 2023. Pesawat yang ke-10 dan ke-11 akan tiba di minggu ke-4 November 2023," kata Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Rabu (25/10). 

Penambahan armada ini dilakukan sebagai upaya menjalankan amanat dari Pemerintah untuk terus meningkatkan konektivitas udara nasional. 

Pelita Air bakal tambah rute penerbangan 

Calon penumpang di bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.Ilustrasi calon penumpang di bandara Soetta. Dok. Angkasa Pura II

Dendy menambahkan, tingginya animo masyarakat terhadap Pelita Air merupakan faktor utama yang mendorong Pelita Air untuk terus menambah jumlah armadanya. Bahkan ke depannya Pelita Air juga akan menambah frekuensi penerbangan dan rute-rute penerbangan baru. 

"Tingginya animo masyarakat terhadap Pelita Air tercermin dari tingginya tingkat keterisian kursi (Seat Load Factor) dari Pelita Air di kuartal III 2023 ini, dimana dari periode 1 Juli sampai 30 September mencapai rata-rata 83 persen," jelasnya. 

Ia menyatakan, sebagai bagian dari entitas anak usaha PT Pertamina (Persero), Pelita Air juga selalu mengutamakan layanan serta kenyamanan dan kebutuhan masyarakat dalam mobilitas angkutan udara.