Comscore Tracker
BUSINESS

Website Marketing: Manfaat, Strategi, dan Tips Membuatnya

Menjangkau pasaran lebih luas dengan website marketing.

Website Marketing: Manfaat, Strategi, dan Tips Membuatnyailustrasi website marketing (unsplash.com/Carlos Muza)

by Surti Risanti

Website marketing adalah cara untuk mempromosikan bisnis dengan lebih luas lagi. Ini merupakan salah satu jenis online marketing yang perlu untuk dimiliki.

Pemasaran secara online dinilai memiliki kepraktisan tersendiri dan juga lebih hemat biaya bila dibandingkan dengan strategi marketing lainnya.

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memilih untuk memanfaatkan internet dengan cara membuat website atau situs sebagai media pemasaraan.

Bagi Anda yang memiliki usaha, simak penjelasan selengkapnya dalam pembahasan berikut ini.

Pengertian website marketing

website marketing

Website marketing adalah sebuah situs yang dijadikan sebagai media untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis Anda.

Cara ini adalah salah satu metode pemasaran yang cukup efektif untuk menjangkau pelanggan secara luas. Pelanggan yang ingin mengetahui usaha Anda secara mendalam cukup mengunjungi website tersebut.

Selain itu, melalui platform ini, Anda bisa menerapkan berbagai strategi marketing lainnya, seperti SEO, beriklan, promo khusus, dan lainnya.

Manfaat website marketing

website marketing

Ada berbagai manfaat website marketing untuk bisnis Anda, di antaranya sebagai berikut:

1. Meningkatkan kepercayaan calon konsumen

Website marketing membuat bisnis Anda terkesan lebih profesional. Hal ini tentu akan membuat usaha Anda terlihat lebih terpercaya dibanding bisnis lainnya.

2. Membantu calon pelanggan mendapatkan informasi

Melalui situs ini, pengunjung akan lebih mendapatkan informasi mengenai bisnis Anda, yakni mulai dari spesifikasi produk, informasi toko, testimoni pelanggan, dan informasi lainnya.

Anda juga bisa menambahkan layanan customer service dengan meletakkan nomor yang bisa dihubungi oleh calon pelanggan sewaktu-waktu.

3. Menjangkau pelanggan lebih banyak

Saat seseorang membeli produk untuk, biasanya mereka akan mencari tahu terlebih dahulu melalui internet.

Anda bisa menggunakan tools SEO untuk menjangkau pelanggan lebih luas lagi. Apabila seseorang memasukkan sebuah kata kunci mengenai produk tertentu, maka Google akan merekomendasikan website Anda untuk muncul paling atas.

4. Menjangkau pasar lebih luas

Website marketing juga membantu Anda untuk terhubung dengan pelanggan lebih luas lagi. Anda dapat terhubung dengan siapa saja dan di mana saja.

Melalui website, konsumen akan dapat menemukan Anda lebih mudah di internet.

5. Meringankan proses marketing

Seperti yang diketahui, digital marketing berpusat melalui website. Anda bisa menerapkan beberapa strategi marketing melalui situs bisnis Anda.

Informasi di website marketing bisa diakses kapan saja oleh pengujung. Apabila ada yang membutuhkan informasi mengenai usaha Anda, mereka dapat dengan mudah mencarinya melalui internet.

Hal inilah yang membuat website marketing meringankan proses kampanye pemasaran.

Langkah melakukan strategi website marketing

website marketing

Berikut ini ada beberapa langkah melakukan strategi website marketing, di antaranya sebagai berikut:

Membuat konten yang relevan dan digemari pengguna

Buatlah konten yang relevan dengan bisnis Anda dan digemari oleh pengguna. Hal ini dapat membuat pengguna lebih mudah menemukan website Anda pada halaman pencarian nantinya.

Hal ini bisa Anda lakukan, seperti membuat artikel yang menjawab rasa ingin tahu pengguna, tutorial pemakaian produk, tips, dan lain-lain.

Membuat desain website yang lebih responsif

Gunakanlah desain website lebih responsif yang dapat menyesuaikan dalam segala bentuk layar perangkat, seperti desktop, mobile, atau tab.

Menerapkan prinsip SEO

Jangan lupa untuk menerapkan prinsip SEO di website Anda. Pastikan memasukkan dan mencari kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda. Anda juga bisa menerapkan berbagai strategi SEO lainnya, yakni on page, off page, dan technical SEO.

Promosikan website

Hal terpenting lainnya adalah jangan lupa untuk mempromosikan website Anda. Ada berbagai platform yang bisa Anda coba, seperti media sosial, email, hingga forum lainnya.

Tips membuat website marketing yang efektif

website marketing

Website marketing adalah salah satu langkah mempromosikan bisnis Anda di internet melalui sebuah situs. Berikut ini tips membuat website marketing yang lebih efektif:

  1. Melakukan analisis performa website menggunakan tools Google Analytic, Google Search Console, dan lainnya
  2. Membuat website yang ramah pengguna (user-friendly)
  3. Memastikan website Anda mobile-friendly
  4. Membuat customer journey mapping untuk mempelajari perilaku pengunjung di website Anda
  5. Memaksimalkan melalui berbagai media lainnya.

Jadi, website marketing adalah salah satu jenis strategi online marketing yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda lebih luas lagi. Tertarik ingin mempromosikan usaha Anda melalui website marketing?

Related Articles